Cara Aktivasi Windows 10 Jadi Permanen Dengan Mudah

Windows 10 di laptop kamu belum di aktivasi? Baca yuk cara aktivasi windows 10 jadi permanen dengan mudah di laptop maupun komputer kamu. Sebelum melakukan aktivasi windows 10, pertama yang perlu kamu lakukan yakni mengecek status aktivasi laptop atau komputer.

Status Aktivasi Windows

Pertama pastikan apakah Windows 10 sudah di aktifkan atau belum. Apabila sudah, sebaiknya di tautkan ke akun Microsoft Anda sagar lisensi menyatu dengan akun tersebut.

Tentu saja penting untuk menautkan akun Microsoft ke lisensi Windows 10 di perangkat Anda. Menautkan akun Microsoft Anda dengan lisensi digital akan memungkinkan Anda untuk melakukan aktivasi kembali Windows di laptop maupun komputer tersebut.

Cara mengecek status aktivasi windows 10 dengan cara berikut ini:

  1. Pertama Buka Pencarian atau menekan tombol berlogo “Windows” di keyboard anda
  2. Kemudian Ketik “activation settings” atau “pengaturan aktivasi”
  3. Terakhir klik hasil pencarian atau tekan tombol “enter”

Selain cara di atas, anda bisa melakukannya di laptop maupun komputer dengan cara

klik tombol di bawah ini > lalu klik tombol “Choose Application” > Klik tombol “Open Link”

klik tombol “Choose Application”
Klik tombol “Open Link”

Baca Juga: Cara Mengatasi Windows Blue Screen dan Penyebabnya

Menautkan Akun Microsoft

Setelah aktivasi, selanjutnya menautkan akun microsoft dengan Lisensi digital Windows 10 dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk sebagai administrator untuk menambahkan akun Microsoft Anda di laptop maupun komputer.
  2. Lakukan konfirmasi bahwa memang Anda menggunakan akun administrator dengan cara, buka menu Settings atau Pengaturan, lalu pilih akun > informasi Anda. pada bagian bawah nama Anda, Anda akan melihat administrator. Jika bukan merupakan administrator, lihat Membuat akun administrator atau pengguna lokal.
  3. Pastikan bahwa akun administrator yang anda gunakan juga merupakan akun Microsoft Anda dengan cara memeriksa apakah alamat email di tampilkan di atas Administrator. Apabila alamat email di tampilkan, maka aku ini merupakan akun Microsoft. Jika tidak, maka Anda masuk ke dalam laptop atau komputer dengan akun lokal. Jika Anda belum memiliki akun Microsoft, lihat Cara membuat akun Microsoft baru.
  4. Setelah melakukan konfirmasi bahwa Anda adalah administrator dan menggunakan akun Microsoft. Selanjutnya kembali ke halaman aktivasi, lalu pilih Tambahkan akun, masukkan akun Microsoft dan kata sandi, lalu terakhir pilih masuk.

Setelah akun Microsoft Anda berhasil di tambahkan, maka pada halaman Aktivasi Anda akan melihat Windows diaktifkan dengan lisensi digital yang ditautkan ke akun Microsoft Anda.

Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10
Cara Aktivasi Windows 10

Untuk yang Windows 10 nya belum dilakukan aktivasi, maka ikuti beberapa cara di bawah ini.

Menggunakan Lisensi Original

Untuk cara yang satu ini, pastikan dulu anda memiliki lisensi original yang sudah anda beli:

  1. Pertama Buka Settings dan klik Activate Windows now.
  2. Selanjutnya Klik Activation.
  3. Setelah itu Klik Change product key.
  4. Masukkan lisensi Windows 10 pada jendela Enter product key, lalu klik Next.
  5. Terakhir, Klik Activate untuk aktivasi Windows 10.

Berikut ini beberapa toko online yang menjual lisensi digital Windows 10 dengan harga terjangkau.

Cara Aktivasi Windows 10 Kmspico

KMSpico adalah alat yang paling sukses dan banyak digunakan, sering diperbarui, dan 100% bersih untuk melakukan aktivasi Windows 10 jadi permanen. Selain itu, bisa juga digunakan untuk melakukan aktivasi Microsoft Office. Berikut ini cara untuk aktivasi Windows 10 dengan Kmspico:

  1. Pertama Download dan install aplikasi Kmspico dengan mengakses link donwload kmspico.
  2. Selanjutnya buka aplikasi kmspico. Klik Ya jika laptop atau komputer anda meminta jendela Kontrol Akun Pengguna.
  3. Anda akan melihat layar berikut (kiri). Tergantung pada program yang di instal pada PC Anda, ikon akan otomatis terdeteksi pada perangkat lunak dan menampilkan tombol merah.
Cara Aktivasi Windows 10 Kmspico
  1. Jika Anda baru saja menginstal OS dari fresh, tekan tombol merah untuk memulai proses aktivasi.
  2. Jika Anda perlu memeriksa status aktivasi Anda, klik tab Token dan klik kotak biru dengan huruf ā€œiā€ besar di dalamnya (layar kanan di atas). Ini akan menunjukkan edisi sistem Anda serta status aktivasi.
  3. Anda juga dapat mengklik Start dan klik kanan pada Komputer dan pilih Properties, layar akan menunjukkan status aktivasi juga.

Windows 10 selesai dikativasi dan Anda dapat menikmati fungsionalitas penuh dari sistem sekarang.

Keuntungan Melakukan Aktivasi Windows 10

Beberapa keuntungan yang kalian dapatkan diataranya:

Tidak Muncul Pemberitahuan Aktivasi

Hal pertama yang akan terjadi apabila kamu belum melakukan aktivasi Windows 10 adalah munculnya pemberitahuan yang meminta untuk melakukan aktivasi. Memang Notifikasi ini biasanya akan muncul sebagai watermark dibagian kanan bawah layar monitor.

Jika kamu tidak melakukan aktivasi, maka notifikasi ini akan muncul selamanya dan tidak akan hilang dari layar. Namun setelah melakukan aktivasi maka tidak akan muncul lagi.

Bisa Melakukan Personalisasi Windows 10

Hal kedua yang akan terjadi jika kamu tidak melakukan aktivasi Windows 10 adalah fungsi dari personalisasi akan tidak bisa digunakan. Personalisasi pada Windows 10 ini mencakup beberapa hal diantaranya mengatur background dan mode warna. Namun Personalisasi Windows 10 ini akan berfungsi kembali jika anda sudah melakukan aktivasi.

Bisa Mengganti Theme Windows 10

Tentu saja kamu pasti ingin mengganti tema pada laptop atau komputer sesuai seleramu. Setelah melakukan aktivasi, Pengguna Windows 10 dapat menentukan sendiri theme sesuai dengan keinginannya.

Akan tetapi jika Windows 10 sudah minta aktivasi namun anda tidak kunjung melakukan aktivasi, maka theme akan menjadi default dan tidak bisa diubah sesuai keinginan kamu.

Kompatibel saat melakukan Windows Update

Setelah melakukan aktivasi, anda akan mendapatkan layanan windows update yang selalu cocok dengan laptop maupun komputer anda. Akan tetapi jika saat Windows 10 sudah minta aktivasi namun tidak kunjung diaktifkan, maka lain yang akan terjadi yakni windows update tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Singkatnya, sistem operasi anda anda sudah tidak berhak lagi mendapat jatah pembaharuan dari pihak microsoft. Oleh karena itu, dapat menyebabkan beberapa fitur laptop maupun komputer kamu menjadi usang dan tidak bisa berfungsi.

Terhindar dari Meminta Repair Otomatis

Selanjutnya apabila Windows 10 tidak diaktivasi hal yang akan terjadi adalah anda akan diarahkan oleh sistem untuk meminta repair otomatis. Tentu saja munculnya permintaan repair ini menandakan bahwa terdapat masalah pada windows 10 sehingga perlu adanya perbaikan.

Kemungkinan terdapat salah satu file sistem yang hilang atau ada sebagian malfungsi yang terjadi pada software tersebut. Oleh karena itu, mengakibatkan Windows 10 tidak bisa menjalankan sistem.

Windows 10 Dapat Digunakan Dengan Lancar

Hal terakhir yang akan terjadi jika tidak melakukan aktivasi yakni tidak bisa digunakannya sistem operasi ini dengan lancar. Windows 10 akan rusak sehingga komputer atau laptop anda tidak bisa masuk ke sistem itu sendiri.

Singkatnya, perangkat komputer atau laptop milik anda sering terjadi crash atau blue screen. Dengan melakukan aktivasi, anda akan terhindar dari kerugian tersebut.

error: Content is protected !!