Cara Bisnis Franchise Bagi Pemula serta Memilih Brand

Cara Bisnis Franchise Bagi Pemula – Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis waralaba atau yang lebih dikenal dengan Franchise, kamu bisa mengikuti artikel ini hingga selesai.

Bisnis franchise bagi pemula kadang bisa menjadi tricky atau membingungkan. Namun, bagi seorang pemula bisnis franchise merupakan pilihan yang baik. Karena kamu tidak memulai segala sesuatunya dari awal.

Produk dan strategi penjualan sudah disediakan oleh pemilik bisnis, kamu tinggal menyiapkan modal dan melanjutkan apa yang sudah ada. Tapi, kamu tetap perlu ketekunan untuk menjalankan suatu usaha.

Baca juga: Cara Membuat Bisnis Model Canvas Terlengkap + Contoh

Nah, bagi kamu yang berfikiran untuk memulai bisnis franchise dan masih pemula berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Pilih Bisnis yang Sesuai

Pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat atau kesukaan kamu. Dengan begitu kamu bisa memulai bisnis kamu dengan hati dan pikiran yang lapang.

Selanjutnya pilih jenis dan merek bisnis apa yang akan kamu pilih. Carilah informasi tentang bisnis tersebut dan sesuaikan dengan minat dan kemampuan kamu.

Kamu juga perlu melihat keahlian yang dibutuhkan dalam pengembangannya. Tergantung jenis franchise yang ditawarkan, kamu mungkin akan mendapatkan pelatihan dasar.

2. Memilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategi merupakan salah satu poin majunya sebuah bisnis, begitu juga dengan franchise.

Usahakan bisnis kamu berada di tempat yang strategis, tempat yang berada di tengah keramaian, lalu-lalang masyarakat. Dengan lokasi yang strategis kamu bisa mendapatkan lebih banyak konsumen.

Baca juga: Istilah Dalam Digital Marketing yang Penting Bagi Pebisnis

3. Menggali Informasi Bisnis Franchise

Sebelum memilih franchise yang akan dibeli, baiknya kenali terlebih dahulu brand, reputasi, syarat dan ketentuan yang berlaku, kebijakan, dan latar belakang lainnya yang perlu kamu ketahui tentang bisnis franchise yang akan kamu ambil.

4. Potensi Pasar Bisnis Franchise

Penting untuk mengecek potensi pasar yang ada untuk memilih kembali bisnis franchise yang akan kamu ambil.

Kenali daya beli, kebutuhan, dan minat dari masyarakat di tempat kamu berada dan bandingkan dengan produk yang akan kamu pilih. Dengan mengenali potensi pasar, kamu bisa memperkirakan pengembalian modal bisnis yang akan kamu jalankan dan berapa lama bisnis tersebut dapat bertahan.

5. Mempersiapkan Modal

Mempersiapkan modal bisnis dengan baik dapat membantu kamu dalam mengantisipasi adanya dana tambahan yang berada diluar perkiraan. Dan jangan hanya mengandalkan pada simulasi hitungan modal yang diberikan oleh pewaralaba.

Baca juga: 10 Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023

6. Mempelajari Kontrak Bisnis Franchise

Kamu harus dan perlu mempelajari kontrak kerjasama yang diberikan dengan seksama dan teliti. Dengan bersikap hati-hati, kamu bisa menghindari masalah yang akan muncul di masa depan dan hal-hal yang dapat menyebabkan pemutusan kontrak.

Selain itu perhatikan juga hal-hal yang berkaitan dengan pengalihan hak kepada ahli waris, keuangan, dan lain sebagainya. Jika kamu tidak mengerti mengenai kontrak tersebut, kamu bisa mencari bantuan profesional yang mengerti hukum, seperti notaris atau pengacara.

Baca juga: Bisnis Online, Solusi Mudah untuk Sukses Dari Rumah

7. Meningkatkan Pemasaran dan Layanan Konsumen

Franchise biasanya telah memiliki nama yang cukup bagus, untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan penjualan, pemasaran adalah hal yang wajib dilakukan.

Pemasaran akan membantu mendapatkan konsumen secara signifikan. Sehingga rencana pemasaran sangat diperlukan. Seperti mendaftarkan dan promosi dengan Google Bisnis.

Selain pemasaran, kamu juga perlu untuk meningkatkan layanan konsumen. Dengan meningkatkan pelayanan, selain bisa menambah konsumen baru, kamu juga bisa menambah langganan.

Baca juga: Cara Verifikasi Google Bisnisku Setelah Mendaftar

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis franchise bagi pemula.

Semoga bermanfaat!