Belajar Saham Online Gratis dari Buku Digital

Belajar saham bagi para pemula biasanya mencari secara online dan tentu saja yang gratis. Tentu saja Anda bisa menemukannya seperti buku digital, halaman web, artikel maupun video seperti di YouTube.

Pada kesempata kali ini Kami akan membagikan informasi dan Buku digital untuk Anda yang ingi belajar saham.

Belajar Saham Online Gratis

Belajar Saham Online Gratis

Pada dasarnya, gratis ini merupakan akses tanpa biaya. Bukan hak milik nya menjadi milik Anda. Beberapa referensi untuk belajar saham bisa Anda temukan dalam bentuk artikel, podcast maupun video.

Berikut ini Buku Digital yang Kami temukan untuk belajar saham.

Buku Digital Belajar Saham Online Gratis

Buku Digital Belajar Saham Online Gratis

Belajar Saham Pemula.pdf

Dalam buku ini, Anda akan mempelajari 20 bab mengenai investasi saham. Tentu saja buku ini cocok bagi pemula yang ingin belajar saham, Anda bisa mengakses previewnya secara online dan gartis di sini.

Melansir dari unej.ac.id, pada buku ini akan mengenalkan investasi untuk memulai pembelajaran mengenai saham. Anda akan dikenalkan dengan inflasi yang merupakan terjadinya kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa yang meluas pada seluruh sektor perekonomian dan berlangsung secara terus menerus.

Investasi dengan menggunakan instrumen berupa saham sangat disarankan bagi karena :

  1. Pertama kemudahan untuk ditransaksikan di manapun dan kapanpun, sehingga tidak terbatas oleh jarak, ruang dan waktu.
  2. Kedua modal dapat dimulai dari nominal kecil.
  3. ketiga Saham sifatnya transparan dan aman.

Selain itu dalam buku ini juga akan mengajarkan Anda istilah Reward dan Risk. Yang mana Reward merupakan keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi saham.

Umumnya para investor saham bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa hal misalnya Dividen yang merupakan bagain laba atau pendapatan perusahaan yang telah ditetapkan oleh direksi serta disahkan oleh rapat pemegang saham untuk dibagikan kepada para pemegang saham. Selain itu ada juga yang disebut Capital gain yang merupakan keuntungan yang didapatkan dari selisih harga beli dan harga jual saham tersebut.

Sedangkan Risk yaitu risiko merupakan istilah dari investasi saham yang berarti semakin tinggi timbal hasil keuntungan investasi, maka semakin tinggi pula risikonya. Risiko dapat disebabkan oleh beberapa faktor misalnya tidak mendapatkan Dividen, Risiko Likuidasi perusahaan, Capital Loss (harga jual lebih rendah dibandingkan harga beli yang disebabkan oleh penurunan harga saham) dan yang terakhir saham delisting dari bursa (penghapusan pencatatan dari bursa).

Pembahasan selanjutnya pada buku belajar saham online gratis ini berupa mengenai Apakah Pasar Modal itu legal. Pasar Modal di Indonesia tentu saja sudah bersifat legal karena diawasi langsung oleh OJK, BEI, KPEI, KSEI dan lembaga-lembaga penunjang lainnya. Selain itu perusahaan yang ingin Go Public perlu lolos beberapa tahapan hingga nanti tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Go Publik juga sering disebut juga dengan istilah IPO (Initial Public Offering) kemudian perusahaan yang telah lolos akan dicatat, kemudian diperdagangkan di pasar saham dan mendapatkan penambahan jumlah investor. Bagi perusahaan yang sudah tercatat di BEI maka nama belakang perusahaan tersebut akan ada penambahan kata Tbk. Artinya, siapa saja yang ingin bertransaksi dengan perusahaan terbuka, akan melakukan jual beli dipasar modal dan akan mendapatkan informasi tentang perusahaan tersebut.

Pada buku ini juga dijelaskan, walaupun hanya sebagai investor saham pemula yang masih belajar, harus dapat menjadi pemilik bisnis bukan hanya menjadi konsumen. Selain itu, walaupun Anda hanya memiliki 1 lot saham, maka sudah menjadi pemilik perusahaan tersebut dan berkesempatan untuk mengikuti RUPS.

Pada buku ini juga membahas mengenai apa itu Saham Syariah. Beberapa topik yang ada misalnya kegiatan yang penerapannya bertentangan dengan saham syariah yang telah diatur oleh OJK Nomor 15 tahun 2015 dan Pada tahun 2000, Bursa Efek Jakarta dan PT Danareksa Investment Management menyusun indeks saham syariah pertama yaitu JII (Jakarta Islamic center) yang terdiri dari 30 saham perusahaan.

Selanjutnya pada tahun 2011 BEI meluncurkan ISSi yaitu index saham yang mencakup seluruh saham syariah yang tercatat pada BEI dan terdaftar dalam Daftar Efek Syariah. Terhitung sejak tahun 2016 jumlah saham syariah dalam Daftar Efek Syariah berjumlah 327 dengan kapitalisasi pasar sebesar 3.29 miliar rupiah pada akhir November 2016.

Kelebihan dari buku ini adalah bahasa yang digunakan mudah dipahami.Sebagai investor pemula yang ingin berkecimpung didalam dunia pasar modal buku ini sangat dianjurkan. Karena di dalam buku ini dijelaskan secara mendetail bagaimana mempelajari saham bagi seorang pemula.

#YukBelajarSaham untuk Pemula

by Komunitas Investor Saham Pemula (ISP)


Belajar Saham Untuk Pemula.pdf dari JurusCUAN

Buku Digital berikutnya ditulis oleh Desmond Wira dari JurusCUAN. Dalam buku ini Anda akan mempelajari berbagai hal tentang saham hal misalnya dasar, cara dan kiat-kiat sukses investasi saham.

error: Content is protected !!