Belajar Saham Pemula dan Cara Main Yang Benar

Banyak orang yang belum familiar dengan investasi saham. Terutama bagi Anda pemula yang baru ingin belajar Saham. Belajar saham dari nol tentu saja bisa Anda lakukan hanya bermodalkan internet.

Mempelajari tips dan cara jual beli saham secara benar dapat memberikan keuntungan maksimal bagi pelaku investasi atau nabung saham.

Saham termasuk dalam salah satu instrumen investasi yang memang menggiurkan bagi pemula. Pasalnya, saham merupakan produk investasi dengan tawaran potensi keuntungan yang persentasenya cukup tinggi.

Dengan potensi keuntungan tersebut, tentu saja terdapat beberapa langkah yang perlu Anda pahami dalam cara memulai bermain saham, apalagi bagi pemula saat ini.

Cara main saham pemula yang benar merupakan elemen penting dalam menjalankan investasi secara teratur dan tertata, demi menghadirkan peningkatan kondisi finansial Anda.

Belajar Saham Pemula

belajar saham pemula

Pada masa digital ini investasi saham semakin dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat terutama anak muda. Karena saham merupakan salah satu cara paling cepat dan efekti untuk meningkatkan kekayaan.

Instrumen investasi ini tergolong minim risiko atau aman, asalkan Anda sudah tahu cara trading saham harian beserta dengan risiko yang akan dihadapi.

Namun bagaimana cara memulai belajar saham bagi pemula?

Mengenal Apa Itu Saham

Mari mulai dengan megetahui Apa itu Saham. Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), saham adalah tanda penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Sehingga orang yang menanamkan modal pada suatu perusahaan disebut pemegang saham dan juga memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan berhak mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dengan begitu, saham merupakan bukti kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan atau badan usaha. Apabila Anda memiliki saham, maka akan menjadi bagian dari pemilik suatu perusahaan tersebut.

Dengan begitu saham tergolong surat berharga karena menjadi bukti sah kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan. Semakin besar saham yang Anda miliki, maka semakin besar kekuasaan Anda di perusahaan tersebut.

Belajar Cara Main Saham Yang Benar Bagi Pemula

Belajar Cara Main Saham Yang Benar Bagi Pemula

Setelah mengetahui sekilas tentang belajar saham, selanjutnya bagi pemula seperti Anda perlu mengetahui cara main saham yang benar dari CIMB Niaga:

1. Pahami Ilmu Dasar Saham

Pertama memulai cara main saham pemula yang benar, Anda perlu memahami ilmu dasar tentang investasi saham itu sendiri. Terkait ilmu dasar saham ini, Anda akan menemukan berbagai istilah teknis yang tentu saja membingungkan pada awalnya.

Supaya pemula seperti Anda lebih mudah dalam menentukan cara main saham yang benar, Anda bisa kenali terlebih dahulu perihal saham.

Tambahan dari pengertian saham di atas, perlu mengetahui tentang fungsi RUPS. Fungsi RUPS secara mendasar adalah sebagai penampung aspirasi para pemegang saham dalam menentukan kebijakan yang tepat sehingga memengaruhi perkembangan dari suatu perusahaan atau badan usaha.

Dengan begitu RUPS merupakan salah satu istilah atau elemen yang perlu Anda pahami saat memulai belajar cara main saham pemula. Selain RUPS itu, semakin dalam Anda mempelajari cara main saham pemula, maka Anda juga akan menemukan istilah lainnya, misalnya emiten, serta dividen yang perlu Anda pahami secara mendalam.

2. Pelajari Analisis Peluang dan Risiko Saham

Selanjutnya Anda perlu mempelajari analisis saham. Perlu Anda ketahui dalam dunia saham, pergerakan saham akan terus berubah dalam hitungan detik. Mungkin bagi orang awam atau pemula seperti Anda, faktor penentuan pergerakan saham ini dianggap sebagai hal yang misterius.

Padahal, apabila Anda mencoba untuk mengikuti cara main saham pemula benar, Anda akan menemukan bahwa analisis tentu saja sangat membantu Anda dalam menentukan pergerakan saham tersebut. Namun untuk mempelajari analisis saham dalam waktu yang singkat bukanlah hal yang bisa Anda lakukan.

Karena melakukan analisis saham memerlukan pengalaman dan pengetahuan yang tentu saja memerlukan waktu yang cukup lama. Sehingga Alangkah baiknya bagi pemula seperti Anda mencari mentor atau broker yang lebih paham dan berpengalaman.

Tentu saja Anda perlu membayar jasa mentor atau broker tersebut. Namun apa yang akan Anda bayarkan ini, akan menghadirkan hasil yang setimpal. Karena dapat membantu Anda dalam belajar cara menganalisa berbagai risiko dan peluang dalam bermain saham bagi pemula.

Pengetahuan terhadap analisis saham yang benar menjadi langkah awal cara main saham pemula juga akan mempermudah Anda dalam mencari saham mana yang perlu beli. Analisis ini juga dapat Anda aplikasikan dalam membaca portofolio dari setiap saham perusahaan yang menjadi incaran Anda.

Pengetahuan dasar portofolio saham perusahaan tentu saja menjadi acuan cara main saham pemula yang benar. Dengan begitu Anda dapat memberikan informasi penting terkait kekuatan fundamental keuangan yang dimiliki dari perusahaan tersebut. Sehingga Anda dapat menentukan saham yang memiliki peluang baik dan bermanfaat untuk investasi jangka panjang.

3. Lakukan Transaksi Berjangka

Secara teori, dengan modal yang besar, tentu saja Anda akan berpeluang untuk mendapatkan untung yang besar juga. Maka dari itu, acap kali para investor pemula akan memulai bertransaksi investasi saham dalam jumlah modal yang besar dan impulsif.

Pelu Anda ketahui, Impulsivitas tersebut nyatanya juga menghadirkan risiko yang besar pula. Cara lainnya dalam main saham pemula yang benar adalah dengan cara melakukan transaksi secara berjangka.

Maksud dari transaksi berjangka ini bukan berarti Anda harus mulai dari modal yang terlampau kecil. Modal awal dengan nilai yang besar merupakan salah satu hal yang lumrah di investasi saham.

Namun Anda perlu bersabar saat ingin menambah jumlah saham yang Anda miliki di setiap transaksi. Pastikan terlebih dahulu Anda telah mendapatkan persentase return yang sesuai agar dana modal Anda tetap aman untuk melakukan investasi saham selanjutnya.

4. Hindari Utang

Apabila anda menerapkan cara nomor tiga yaitu transaksi saham yang berjangka, maka Anda akan terbantu dalam menghindari risiko utang. Berutang untuk melakukan investasi bukanlah cara main saham pemula yang benar. Hal ini disebabkan oleh investasi saham yang Anda lakukan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan finansial di masa datang.

Jika Anda berutang, maka tujuan tersebut tidak terlaksana dengan cara yang benar. Malahan apabila investasi yang Anda lakukan salah dan modal dari utang habis, maka utang tetap bertambah dan uang Anda habis. Anda akan semakin jauh dari tujuan awal yang telah Anda tentukan melalui investasi saham.

5. Beli Saham Saat Nilai Turun

Sebagai pemula yang masih belajar saham, alangkah baiknya Anda mulai membeli saham pertama kali di saat nilai saham yang menjadi incaran Anda sedang turun. Salah satu cara main saham pemula yang benar ini juga berperan untuk menjaga kondisi finansial Anda agar tetap dalam keadaan stabil.

Dengan modal awal yang relatif rendah, maka memberikan perasaan aman bagi pemula seperti Anda untuk belajar memahami cara investasi saham secara langsung. Selain itu, saham yang Anda beli saat turun juga memiliki potensi peningkatan nilai di waktu yang akan datang.

Namun perlu Anda ketahui, analisa juga berperan dalam melihat peluang kenaikan nilai saham setelah mengalami penuruan nilai. Dengan pemahaman analisis yang semakin dikembangkan, Maka Anda dapat menentukan kapan nilai saham yang Anda miliki tersebut akan naik.

6. Kenali saham LQ45 dan IDX30

LQ45 dan IDX30 mengacu pada indeks saham yang tersedia dan dikeluarkan oleh BEI (Bursa Efek Indonesia). Indeks saham tersebut terdiri dari berbagai jenis saham dengan tingkat likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Apabila memiliki saham dengan tingkat likuiditas tinggi, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk dapat menjual saham Anda dengan cepat serta memiliki perkembangan yang dapat diprediksi. Hal tersebut merupakan salah satu cara main saham pemula yang benar untuk Anda lakukan.

Sebagai investor pemula, saham tentu saja menjadi instrumen yang baik untuk meningkatkan kemampuan finansial Anda. Namun, dengan profil risiko yang tinggi, banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai berinvestasi saham.

Pemula seperti Anda dapat belajar lebih mendalam mengenai saham dari media buku maupun media online seperti podcast dan video youtube.

Apabila Anda ingin memulai berinvestasi, alangkah baiknya jika memilih instrumen investasi dengan profil risiko yang relatif aman daripada saham, misalnya yaitu obligasi. Selain itu, obligasi juga menawarkan fleksibilitas skema investasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Belajar Saham Pemula.pdf

Belajar Saham Online Gratis dari Buku Digital

Belajar Saham Online Gratis dari Buku Digital

Buku Belajar Saham Bagi Pemula.pdf

Bagi Anda yang ingin membaca buku mengenai belajar saham bagi permula, dapat mengakses link yang Kami sediakan di atas.

error: Content is protected !!