Aplikasi Gojek: Satu Aplikasi Untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Aplikasi Gojek – Di era modern seperti sekarang, banyak hal-hal yang dapat dilakukan secara cepat dan mudah. Mulai dari bepergian, berbelanja, membeli makanan dan masih banyak lagi. Walaupun tidak sedikit yang masih melakukan hal-hal tersebut secara manual.

Misalnya, orang yang ingin bepergian menggunakan kendaraan pribadi, orang yang ingin berbelanja pergi langsung ke toko, dan yang ingin membeli makanan datang langsung ke restoran. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukan itu.

Dengan kecanggihan teknologi, semua itu bisa dilakukan dengan instan melalui gadget. Banyak aplikasi yang telah menyediakan layanan-layanan yang mempermudah setiap orang yang ingin melakukan hal itu semua.

Salah satu aplikasi yang menyediakan kemudahan itu adalah Gojek. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Bahkan, di sebagian besar ponsel biasanya terdapat aplikasi yang satu ini.

Namun, apakah aplikasi ini memang dapat mempermudah kamu dalam melakukan aktifitas-aktifitas tersebut ? Maka dari itu, pada artikel kali ini flin setyadi akan membahas tentang aplikasi Gojek, alat transportasi online masa kini.

Apa itu Aplikasi Gojek?

Apa itu Aplikasi Gojek?

Gojek adalah perusahaan teknologi yang melayani jasa transportasi melalui ojek asal Indonesia. Perusahaan ini didirikan pertama kali pada 10 Oktober 2010 oleh Nadiem Makarim yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia.

Berpusat di Kota Jakarta, Gojek pun dibuat dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya. Hingga saat ini, aplikasi Gojek telah diinstal sebanyak lebih dari 10 juta kali di Google Play Store pada Android.

Selain di Indonesia, Gojek juga telah tersedia di beberapa negara tetangga seperti Thailand, Vietnam, Singapura dan Filipina. Bahkan, pada tahun 2016, Gojek menjadi perusahaan unicorn pertama di Indonesia.

Cara Daftar Aplikasi Gojek

Cara Daftar Aplikasi Gojek

Jika kamu belum memiliki aplikasi Gojek, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu agar bisa merasakan segala kemudahan yang diberikan oleh aplikasi ini. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Unduh aplikasi Gojek melalui Play Store atau App Store
  2. Buka aplikasi Gojek yang telah diunduh
  3. Klik tombol ‘Daftar’ jika kamu baru pertama kali mengunduh aplikasi ini, klik tombol ‘Masuk’ jika kamu sudah memiliki akun di aplikasi ini
  4. Isi data diri secara lengkap sesuai dengan yang diminta pada kolom pengisian dengan benar
  5. Tekan ‘Lanjut’
  6. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Gojek
  7. Pendaftaran akun selesai, kamu tinggal masukkan email kamu di halaman ‘Profil Saya’ untuk menjaga keamanan akunmu dan agar kamu mendapat informasi terbaru dari Gojek.

Mengenal Fitur-Fitur di Aplikasi Gojek dan Cara Menggunakannya

Sumber: gojek.com

Gojek telah menyediakan banyak layanan yang dapat membantu kamu dalam menjalani aktifitas. Seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoMart, GoSend, GoPay, GoTo, GoTix dan masih banyak lagi. Berikut fitur-fitur di Gojek yang paling sering digunakan oleh masyarakat :

1. GoRide dan GoCar

GoRide dan GoCar menjadi layanan utama pada aplikasi Gojek dan menjadi layanan yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Bahkan, sebagian besar orang yang mengunduh Gojek awalnya hanya ingin menggunakan layanan ini.

Jadi, GoRide dan GoCar adalah layanan yang memungkinkan kamu untuk bepergian ke suatu tempat menggunakan jasa ojek yang dipesan secara online. Perbedaan antara keduanya pun hanya terletak pada tarif dan jenis kendaraan yang digunakan.

Kendaraan yang digunakan pada layanan GoRide adalah sepeda motor. Sedangkan GoCar, menggunakan mobil. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhanmu saja. Selain itu, jarak perjalanan kamu juga akan mempengaruhi tarif yang harus kamu bayar.

Cara untuk menggunakan layanan ini pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Gojek
  • Pada halaman awal, pilih menu ‘GoRide’ atau ‘GoCar’ sesuai kebutuhan
  • Masukkan alamat penjemputan dan alamat tujuan kamu
  • Setelah memastikan kedua alamat tersebut sudah benar, tekan tombol hijau dibawah bertuliskan ‘Pesan’ untuk memesan layanan
  • Tunggu hingga kamu mendapatkan driver dari aplikasi Gojek

2. GoFood

GoFood merupakan salah satu layanan pada aplikasi Gojek yang memudahkan kamu untuk membeli makanan tanpa harus pergi ke restorannya langsung. Layanan ini sangat cocok bagi kamu yang sedang tidak ingin atau tidak memiliki waktu untuk keluar rumah.

Saat ini, sudah banyak restoran yang bekerja sama dengan Gojek untuk menyediakan layanan yang satu ini. Bahkan, jika kita lihat restoran-restoran saat ini, sebagian besar yang mengantri adalah para driver Gojek.

Hal ini membuktikan, banyak orang yang lebih memilih menunggu di rumah daripada harus mengantri dan datang untuk memesan langsung makanan atau minuman yang diinginkan. Namun, tentu saja kamu juga harus membayar jasa pengantaran tersebut.

Cara untuk menggunakan layanan ini pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Gojek
  • Pada halaman awal, pilih menu ‘GoFood’
  • Cari makanan atau minuman yang kamu inginkan pada kolom pencarian. Maka Gojek akan memberikan rekomendasi restoran-restoran yang menyediakan menu yang kamu cari. Atau, kamu juga bisa langsung mencari nama restorannya.
  • Pilih jenis makanan atau minuman beserta jumlahnya. Kamu juga bisa menambahkan catatan yang ditujukan kepada pihak restoran jika kamu menginginkan sesuatu pada menu yang kamu pesan.
  • Masukkan alamat tujuan dan tekan tombol ‘Pesan’
  • Tunggu hingga restoran mengonfirmasi pesanan kamu dan aplikasi Gojek mencarikan driver terdekat dari restoran.
  • Tunggu driver mengantarkan pesananmu, dan bayar sesuai dengan yang ditentukan oleh aplikasi

3. GoMart

GoMart merupakan salah satu layanan pada aplikasi Gojek yang memudahkan kamu untuk berbelanja membeli kebutuhan harian. Biasanya, tempat berbelanja yang di rekomendasikan berupa minimarket atau supermarket yang menyediakan banyak barang.

Dan layanan ini biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga yang tidak memiliki waktu untuk keluar rumah karena mengurus anak. Cara untuk menggunakan layanan ini pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Gojek
  • Pada halaman awal, pilih menu ‘GoMart’
  • Pilih tempat berbelanja yang kamu inginkan. Atau, agar lebih mudah kamu bisa langsung mencari produk yang ingin kamu beli pada kolom pencarian.
  • Setelah dipilih, driver akan langsung membeli barang-barang yang kamu pilih dan mengantarnya ke alamat tujuan yang kamu masukkan
  • Bayar sesuai dengan tarif yang sesuai yang sudah tertera pada aplikasi

4. GoSend

GoSend merupakan salah satu layanan pada aplikasi Gojek yang memudahkan kamu untuk mengirim paket kepada seseorang. Kabarnya, layanan ini juga bisa digunakan untuk mengirim paket hingga ke luar kota.

Layanan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengirim paket kepada seseorang namun tidak memiliki waktu atau kendaraan untuk mengantarkannya langsung. Cara untuk menggunakan layanan ini pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Gojek
  • Pada halaman awal, pilih menu ‘GoSend’
  • Masukkan alamat tujuan dan nama penerima paket yang ingin kamu kirimkan beserta nomor teleponnya yang aktif
  • Setelah itu, masukkan alamat pengambilan paket beserta nama dan nomor telepon yang aktif
  • Tuliskan nama paket yang akan kamu kirimkan untuk memudahkan driver
  • Tekan ‘Pesan’ dan tunggu hingga driver mengambil paket ke rumahmu dan mengantarkannya ke alamat tujuan
  • Jangan lupa untuk membayar jasa driver sesuai dengan yang tertera di aplikasi

5. GoTix

GoTix merupakan salah satu layanan pada aplikasi Gojek yang memudahkan kamu untuk memesan tiket nonton di bioskop. Bekerja sama dengan apikasi TIX ID, kini kamu juga bisa memesan tiket secara online tanpa harus datang langsung ke bioskop.

Terutama, bagi kamu yang tidak ingin kehabisan tiket pada jam tertentu. Daripada menunggu lama di gedung bioskop, lebih baik kamu menunggu di rumah dan datang bioskop saat mendekati waktu film dimulai.

Cara untuk menggunakan layanan ini pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Gojek
  • Pada halaman awal, pilih menu ‘Lainnya’
  • Pada bagian ‘News and Entertainment’ pilih menu ‘GoTix’
  • Cari film yang ingin kamu tonton dan klik ‘Beli Tiket’
  • Pilih gedung bioskop yang sesuai dengan lokasi kota kamu
  • Pesan tiket pada jam yang kamu inginkan
  • Untuk pembayaran tiket, dilakukan lewat transfer dan biasanya dikenakan biaya admin sebesar Rp. 3.000

6. GoPay

GoPay merupakan salah satu layanan dompet digital pada aplikasi Gojek yang memudahkan kamu untuk melakukan pembayaran. Jika dulu GoPay hanya bisa digunakan untuk Gojek, maka sekarang tidak lagi.

Sudah banyak perusahaan yang bekerja sama dengan Gojek agar bisa melakukan transaksi melalui GoPay. Bahkan, kini telah hadir layanan GoTo, kerja sama antara Gojek dengan Tokopedia yang memungkinkan kamu untuk berbelanja dengan pembayaran menggunakan GoPay.

Menariknya, GoPay ini bisa di-upgrade menjadi premium, atau biasa disebut GoPay Plus. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika melakukan upgrade pada GoPay mu adalah, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur baru GoPay.

Seperti, fitur PayLater, jaminan saldo kembali, transfer GoPay ke rekening bank dan masih banyak lagi. Tapi sebelum itu, siapkan KTP/Paspor terlebih dahulu. Dan perlu diingat bahwa, satu kartu identitas hanya bisa digunakan untuk satu akun Gojek.

Berikut langkah-langkah meng-upgrade GoPay :

  • Buka aplikasi Gojek
  • Pada halaman awal, pilih menu ‘GoPay’
  • Pilih ‘Eksplor’ kemudian ‘Plus’ di GoPay Feed
  • Klik ‘Upgrade Sekarang’
  • Ambil foto kartu identitasmu (KTP/Paspor) secara jelas
  • Ambil foto wajah (selfie) dan kartu identitas (KTP/Paspor) secara bersamaan dengan jelas
  • Klik ‘Kirim Dokumen’ untuk mengirim hasil kedua foto
  • Periksa status upgrade GoPay ke GoPay Plus

Sebenarnya, masih banyak fitur yang disediakan oleh Gojek yang bisa kamu coba. Seperti, GoGive, GoTagihan, GoPlay, GoGames, GoMed, dan masih banyak lagi. Namun, fitur-fitur diatas hanyalah beberapa yang paling sering digunakan.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa mencobanya langsung di aplikasi Gojek.

Baca Juga: Cara Top Up GoPay Melalui ATM, M-Banking dan Agen

Akhir Kata

Itulah beberapa hal mengenai aplikasi Gojek, si alat transportasi online masa kini. Banyak orang yang sudah menggunakan aplikasi ini sejak awal dibuat. Hingga saat ini, penggunanya pun sudah tak terhingga jumlahnya. Apalagi, aplikasi ini juga sudah tersedia di beberapa negara.

Selain itu, Gojek juga sering memberikan promo dan diskon yang menarik untuk para penggunanya agar mereka semua lebih sering menggunakan aplikasi ini. Bahkan tak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan di setiap layanannya ada yang hampir mencapai 100%.

Namun, dibalik segala kemudahan yang ada, jangan sampai membuat kita terlena hingga menjadi malas dan merasa ketergantungan pada teknologi. Karena, suatu saat pasti akan ada masanya ketika teknologi tidak berguna lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih telah berkunjung ke flin setyadi.

error: Content is protected !!