Aplikasi edit lagu MP3 Terbaik di HP dan Laptop

Aplikasi edit lagu – Hobi mendengarkan lagu, tidak sedikit juga yang hobi mengedit lagu MP3. Karena dengan mengedit lagu akan bisa memvariasi lagu tersebut. Seperti menggabungkan lagu sampai dengan melakukan pemotongan dan menyambungkan lagu.

Sedangkan untuk memvariasi lagu, tentu membutuhkan aplikasi edit lagu penunjang dalam mengedit lagu. Edit lagu tidak hanya bisa dilakukan di komputer atau laptop kamu, tapi juga bisa di HP kesayangan kamu.

Maka dari itu Flin Setyadi akan merekomendasikan khusus untuk kamu 10 aplikasi edit lagu terbaik, baik untuk laptop maupun HP. Selain itu aplikasi-aplikasi tersebut sudah lengkap dengan fitur pemotong maupun penyambung lagu.

Kuy simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Cara Download Lagu Youtube MP3 Kualitas Terbaik

Aplikasi Edit Lagu di PC atau laptop

Aplikasi edit lagu di PC atau laptop

Tidak semua aplikasi edit lagu yang bisa kamu gunakan di laptop atau PC bagus untuk edit lagu favoritmu. Nah, rekomedasi di bawah ini akan memberimu yang terbaik.

1. Free MP3 Cutter and Editor

Aplikasi edit lagu yang pertama adalah Free MP3 Cutter and Editor. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang luncur oleh DVD One Media. Ringan dan mudah digunakan sehingga cocok untuk pengguna komputer pemula dan laptop dengan RAM rendah.

Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini yaitu:

  • Delete Selected adalah fitur yang berfungsi untuk menghapus bagian file yang telah dipilih dari dokumen audio.
  • Delete Unselected adalah tombol yang memiliki fungsi untuk menghapus bagian file yang tidak dipilih dari dokumen audio.
  • Change Volume adalah fitur yang memiliki manfaat untuk mengubah volume audio dengan cara mengubah besaran volume menggunakan nilai persentase.
  • Maximize Volume adalah fitur yang berguna untuk memperbesar volume setinggi mungkin tanpa distorsi.
  • Fade In adalah fitur yang dapat membuat volume file audio yang telah dipilih secara bertahap akan mengalami peningkatan.
  • Fade Out ialah fitur yang memiliki fungsi untuk menurunkan volume file audio yang telah diseleksi secara bertahap.
  • Convert to Stereo adalah fitur yang berfungsi untuk menduplikasi file menjadi stereo.
  • Convert to Mono adalah fitur yang menggabungkan semua saluran untuk membuat lagu mono.

2. Audacity: Aplikasi Edit Lagu Serba Bisa

Audacity: Aplikasi Edit Lagu Serba Bisa
Sumber: wikipedia.org

Aplikasi ini sangat mudah digunakan sehingga sangat cocok digunakan oleh pemula bahkan para profesional. Selain mudah juga dapat diinstal di berbagai platform. Kamu juga dapat menambahkan ekstensi yang berbeda ata efek paket efek lainnya.

Apalagi banyaknya fitur yang terdapat pada aplikasi Audacity ini, yang menjadi nilai tambah. Kamu bisa dengan mudah memotong lagu, menggabungkan lagu, menghapus suara audio, menambahkan efek hingga membuat rekaman.

Meneriknya lagi, Audacity ini mendukung banyak format audio. Sehingga kamu tidak mengalami kesulitan saat mengedit auido dalam format yang tidak umum.

3. Audiotool: Aplikasi edit lagu Canggih

Audiotool: Aplikasi edit lagu Canggih
Sumber: audiotool.com

Selain Audacity, aplikasi edit lagu Auidotool juga tidak mau kalah. Aplikasi ini juga merupakan alat pengedit lagu di komputer yang banyak digunakan oleh para profesional. Namun, jika kamu adalah pemula, mungkin akan kesulitan menggunakannya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Audio Tool ini tanpa harus mengunduh atau bisa mengedit lagu melalui inernet saja. Jadi apabila kamu tidak ingin menyimpan aplikasinya, kamu bisa langsung buka browser lalu mulai mengedit lagu di tempat.

4. WavePad

Tahukan kamu bahwa WavePad adalah aplikasi yang dibuat oleh program NCH. Kalau kamu adalah seorang pemula, aplikasi edit lagu WavePade ini sangat cocok untukmu, karena kapastasnya sangat ringan. 

Yang membuat seru pada aplikasi ini, kamu bisa mengedit lagu di rumah seperti di studio. Selain itu, WavePad ini telah mendukung banyak format audio seperti mp3, wav, ogg, acc, dan masih banyak lainnya.

5. DJ Music Mixer

Aplikasi edit lagu DJ Music Mixer
Sumber: program4pc.com/dj-music-mixer

Jika kamu ingin belajar DJ, Aplikasi ini sangat cocok. Dengan menggunakan DJ Music Mixer, kamu bisa dengan mudah mengedit lagu seperti layaknya DJ profesional.

Aplikasi ini mampu membantu kita memotong lagu, menggabungkan music, menghapus bagian tertentu, serta merekam suara. Lengkap dengan berbagai filter dan efek yang mendukung berbagai file media yang akan kamu edit.

Kutip: Aplikasi Pembaca Lirik Lagu Terbaik di HP Android

Aplikasi Edit Lagu di HP

Aplikasi Edit Lagu di HP

Selain di PC, kamu juga bisa mengedit lagu lewat HP Android. Justru dengan di HP, kamu akan lebih mudah mengedit lagu di manapun dan kapanpun. Apalagi saat ini aplikasi untuk mengedit lagu di HP sangat mudah ditemukan. Berikut aplikasi edit lagu yang akan Flin Setyadi rekomendasikan.

1. Music Maker JAM: Aplikasi edit lagu Andoird & iOS

Aplikasi edit lagu Music Maker JAM ini sangat bermanfaat bagi Anda yang suka mengcover lagu. Selain itu kamu dapat memotong dan mengcopy lagu kamu dan dapat memberikan efek lain untuk memvariasi lagu yang kamu terima dari orang lain.

 Setelah kamu memotong atau mengcopy lagu tersebut, kamu bisa mengeditnya melalui fitur yang telah diberikan di aplikasi ini.

2. Edjing Mix: DJ Music Mixer

Edjing Mix: DJ Music Mixer
Sumber: edjing.com

Selain DJ Audio Editor yang kita ketahui merupakan aplikasi edit lagu di laptop atau PC, kamu juga bisa menciptakan music DJ di HP. Aplikasi ini didesain dengan sangat mudah dan sangat nyaman  untuk para operator atau penggunanya.

Hanya dengan waktu singkat kamu dapat mengcover lagu kesayangan kamu menjadi seperti music DJ.

3. Audio MP3 Cutter mix Converter and Ringtone Maker

Audio MP3 Cutter mix Converter and Ringtone Maker
Sumber: play.google.com/store/

Dengan aplikasi ini kamu juga dapat dengan mudah memotong atau menambahkan menggabungkan beberapa lagu menjadi satu. Untuk melakukan edit lagu, kamu dapat menggunakan efek dengan fitur yang ada di aplikasi ini.

Menariknya, aplikasi ini menawarkan efek suara yang terdiri dari tiga band yaitu (bass, mid, hiEQ) equalizer. Selain itu juga telah menyediakan  efek filter, tempo, reverb, karaoke, pitch shifting, reverb room size, gate, flanger, echo dan whoosh.

Dengan begitu kamu akan lebih nyaman dan puas dalam mengedit lagu karena banyaknya efek yang tersedia.

4. WavePad Audio editor free

Aplikasi edit lagu WavePad Audio Editor
Sumber: apps.apple.com

Aplikasi yang satu ini menjadi rekomendasi software edit lagu terbaik untuk HP kamu. Tidak dapat diragukan lagi, karena Wavepad Audio editor free merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh kebanyakan orang.

Aplikasi ini juga menawarkan banyak fitur atau efek yang menarik untuk mendengarkan lagu yang kamu remix tersebut. Banyaknya efek tersebut antara lain: aplikasi amplify, normalized, echo dan masih banyak lagi.

Jika kamu sudah hobi mengedit lagu atau video, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya trim. Nah, aplikasi ini pun juga begitu. Kamu dapat mengatur turun lagu yang akan kamu edit secara manual maupun secara otomatis.

5. DJ Studio 5

Sebelumnya memang sudah disebutkan aplikasi edit lagu seperti DJ, dengan berbagai fitur yang dimiliki masing-masing.

Namun aplikasi DJ Studio 5 ini tidak mau kalah dengan aplikasi lainnya yang bergenre DJ. Aplikasi ini memang benar-benar aplikasi Android yang gratis dan bebas dari biaya lisensi ataupun ads.

Yang menjadi unggul dari aplikasi ini adalah banyaknya efek untuk mengedit lagu, seperti 3 bands equalizer, live record, auto Mix, dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Itulah beberapa aplikasi edit lagu terbaik yang dapat saya rekomendasikan untuk kamu. Baik untuk laptop maupun HP sama-sama aman. Kamu bisa mengunduh salah satu aplikasi yang sudah diulas di atas di Play store yang telah tersedia.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.

error: Content is protected !!