Aplikasi Cetak Foto Terbaik dan Praktis

Aplikasi cetak foto – Kamu akan membuka usaha percetakan foto, tapi galau mau pakai aplikasi cetak foto yang bagus dan praktis itu seperti apa. Tenang saja teman, bersama Flin Setiyadi kamu akan saya bisikin daftar aplikasi cetak foto yang kamu inginkan.

Dengan aplikasi, proses cetak foto tersebut bisa dilakukan lebih mudah. Cara menginstal software cetak foto pun juga sangat mudah, kamu bisa memanfaatkan perangkat PC maupun Laptop dengan sistem operasi Windows, MacOS maupun Linux.

Cetak foto online

Ternyata selain aplikasi, juga ada situs yang melayani cetak foto secara online. Kualitasnya pun tidak kalah dengan yang terdapat pada aplikasi cetak foto. Berikut adalah situs yang menyediakan fitur cetak foto online.

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto HP Android ataupun iPhone Terbaik 2021

1. Photobook Indonesia

Photobook Indonesia - Aplikasi cetak foto
Sumber: photobookindonesia.com

Photobook Indonesia merupakan situs layanan cetak foto yang dapat disesuaikan dengan selera kamu. Dengan mengandalkan pilihan tipe cetak klasik dan cetak digital, sehingga menghasilkan gambar yang bagus.

Selain tipe cetak, juga menyediakan beberapa tipe kertas, antara lain:

  • Fujifilm Crystal Archive (Gloss), untuk cetak klasik
  • Fujifilm Crystal Archive (Matte), untuk cetak klasik
  • Gloss, untuk cetak digital
  • Matte, untuk cetak digital
  • High Gloss – High Definition, untuk cetak digital

Kamu bisa mengatur ukuran yang tersedia di sini mulai dari 4R, 5R, 8R, dan 11R dalam format potret atau lanskap. Kamu bisa mengunjungi di photobookindonesia.com untuk mendapatkan informasi cetak foto online yang lebih detail.

2. Printerous Moment

Aplikasi print foto - Printerous Moment
Sumber: printerous.com

Dalam situs cetak foto online Printerous moment ini menghadirkan cara baru untuk mencetak foto terbaikmu. Kamu bisa mengubah foto-fotomu menjadi produk cetakn yang menarik dan praktis.

Menariknya, produk cetakan juga bervariasi, seperti photobook atau foto album, photo prints 4R atau square, frame atau pigura, casing handphone, totebag, magnet, kanvas, bantal sofa, casing iPad, hingga skin macbook.

Cara memesan layanan di Printerous moment tidak begitu sulit. Kamu cukup masuk ke website moments.printerous.com, kemudian upload fotomu bisa lewat gadget, Facebook atau Instagram, fotomu akan diproses sebaik mungkin.

Setelah proses editing fotomu selesai, akan dikirim tepat waktu dan dijamin 100% kepuasan. Apabila pesanan tidak sesuai maka Printerous akan print ulang.

Baca Juga: Edit Foto Online Gratis Bisa Lewat HP Maupun Laptop

Aplikasi Cetak Foto di Laptop dan PC

Tidak ada salahnya jika kamu mencetak foto sendiri di rumah, tidak perlu merepotkan orang lain, lebih-lebih membuka usaha percetakan foto sendiri. Berikut beberapa aplikasi yang dapat saya rekomendasikan khusus untuk kamu.

1. PhotoScape

Sumber: photoscape.org

Rekomendasi aplikasi cetak foto pertama adalah PhotoScape. Kamu pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, karena biasanya sudah sering digunakan di Laptop.

Sebelum diupgrade PhotoScape aplikasi hanya untuk edit foto PC. Namun, seiring berjalannya waktu PhotoScape bisa digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas yang bagus, dan bisa kamu gunakan tanpa biaya langganan.

Lebih menariknya, aplikasi ini bisa mencetak foto dengan resolusi dan pilihan kertas sesuai yang kamu gunakan. Kamu juga perlu mengedit foto kamu terlebih dahulu, agar menghasilkan cetakan yang lebih baik.

2. PIXLR

Sumber: pixlr.com

Apabila kamu aplikasi cetak foto yang bisa kompatibel pada semua perangkat, aplikasi PIXLR menjadi pilihan terbaik untukmu. Aplikasi ini bisa digunakan pada sistem operasi Mac atau Windows, dan bisa dijalankan secara online dan offline.

PIXLR terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu PIXLR X, PIXLR Pro, PIXLR Editor serta PIXLR Express. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur editing sekaligus mencetak foto yang sangat praktis dan mudah.

3. Picasa

Sumber: wikipedia.org

Aplikasi Picasa bisa kamu gunakan pada perangkat Windows saja dan bisa didapatkan secara gratis tanpa biaya langganan. Walaupun hanya bisa digunakan pada perangkat Windows, Picasa menawarkan beberapa tools yang dapat membantu cetak foto dengan mudah.

Selain itu, hasil foto editan kamu bisa disimpan di album pribadi dan bisa dilihat banyak orang secara online.

4. Ulead PhotoImpact

Sumber: wikipedia.org

Aplikasi Ulead PhotoImpact salah satu rekomendasi terbaik. Karena pada Aplikasi ini selain mencetak foto juga dapat membuat kartu ucapan dan disertai foto Anda. Sehingga menghasilkan cetak foto yang terlihat bagus dan berkualitas.

Fitur yang dimiliki juga sangat baik digunakan untuk para profesional untuk mengedit foto sebelum dicetak.

Untuk mendapatkan aplikasi Ulead PhotoImpact memang tidak gratis, namun harganya jauh dari kata mahal. Jadi kamu tidak terlalu terbebani dan bisa mengedit foto kamu sesuka hati.

5. Adobe Photoshop Element

Adobe Photoshop Element Aplikasi cetak foto
Sumber: adobe.com

Sangat berbeda dengan Photoshop CS, aplikasi Adope Photoshop Element diciptakan untuk memudahkan pengguna melakukan editing foto, dapat digunakan pada perangkat Mac atau Windows.

Selain editing foto, aplikasi ini juga siap membantu proses cetak foto. Tersedia fitur yang sangat lengkap dengan interface yang simpel. Kamu juga bisa memilih resolusi foto sehingga dapat menjadikan kualitas foto yang sangat baik.

Untuk mendapat aplikasi Adope Photoshop Element memang tidak gratis dan harga yang ditawarkan cukup mahal, akan tetapi kualitas yang bagus tidak akan menghianati hasil.

Baca Juga: Cara Print Foto Dengan Kualitas Tinggi dan Tidak Pecah

6. GIMP

Aplikasi cetak foto GIMP
Sumber: gimp.org

GIMP merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program, yang bisa dioperasikan pada semua jenis sistem operasi, seperti Windows, MacOS hingga Linux. Aplikasi print foto ini juga memiliki tampilan dan cara penggunaan yang mudah dipahami.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit ukuran foto dan menambahkan efek pada foto yang akan di cetak, agar hasil cetak foto kamu memiliki revolusi dan kualitas yang baik.

7. Paint.NET

Paint.NET Aplikasi cetak foto
Sumber: getpaint.net

Aplikasi cetak foto termudah dan praktis selanjutnya adalah Paint.NET. Namun sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat OS Windows. Meskipun begitu banyak fitur yang tersedia sangat memuaskan.

Seperti contoh fitur undo yang tidak terbatas, dengan begitu kamu bebas mengoreksi hasil editan kamu apabila belum sempurna sebelum dicetak. Saat mencetak foto, kamu juga bisa menggunakan kertas matte atau glossy.

8. IrfanView

Aplikasi print foto IrfanView
Sumber: irfanview.com

Aplikasi Irfan View hanya bisa dijalankan pada sistem operasi berbasis Windows saja. Namun memiliki keunggulan dengan mampu membukan beberapa file foto sekaligus, sehingga proses cetak foto menjadi lebih praktis.

Aplikasi print foto ini sangat cocok untuk pemula dengan aplikasi editing sederhana ini.

9. ArcSoft

Aplikasi cetak foto ArcSoft
Sumber: arcsoft-photostudio.en.softonic.com

Dengan aplikasi ArcSoft, kamu bisa mencetak foto dengan berbagai ukuran, antara lain 2×3, 3×4, 4×6 dan 1R, 2R, 3R, 4R, 5R hingga 8R+. Aplikasi ini juga memiliki interface yang simple untuk mudah dipahami penggunanya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memilih foto yang akan dicetak, kemudian pilih layout untuk hasil cetakan kemudian print. Akan lebih baik lagi jika kamu edit fotomu dulu sebelum dicetak, untuk mencerahkan warna atau mengatur resolusi foto agar menghasilkan foto yang bagus.

Baca Juga: Printer Murah HP Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Akhir kata

Itulah beberapa informasi tentang aplikasi cetak foto yang dapat kamu unduh untuk laptop dan PC kamu. Sekaligus situs cetak foto online yang dapat kamu kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di Flin Setiyadi.

error: Content is protected !!