Cara Format Flashdisk di HP Android Termudah

Cara format Flashdisk di HP Android – Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan eksternal yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Banyak kegunaan dan manfaat yang akan kita dapat dengan menggunakan flashdisk ini, seperti untuk menyimpan file penting seperti dokumen, gambar, video dan lain-lain. Dengan kapasitas penyimpanan yang bervariasi, mendukung berbagai macam penggunaan yang praktis untuk dibawa kemana pun.

Namun, jika kamu mengalami kejadian seperti penyimpanan pada flashdisk kamu penuh, kamu pasti ingin menghapus file yang ada untuk membuat ruang pada flashdisk kamu. Atau kamu mengalami flashdisk error yang penyebabnya yakni virus atau kemungkinan error lainnya seperti kejadian eksternal misalnya jatuh dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

Untuk mengatasi masalah itu kamu bisa memformat flashdisk kamu. Memformat flashdisk dapat mengembalikan kondisi dan pengaturan flashdisk menjadi seperti baru dengan cara mereset dan menghapus semua data yang ada di dalam flashdisk.

Cara Format Flashdisk di HP Android

Untuk memformat flashdisk kamu bisa menggunakan laptop atau komputer, tapi kamu juga bisa menggunakan smartphone android kamu untuk melakukannya.

Sebelum melakukan format pada flashdisk di HP android, kamu harus memiliki kabel USB OTG (Universal Serial Bus on The Go) atau yang lebih terkenal dengan nama kabel OTG. Alat ini berfungsi untuk menyambungkan flashdisk ke smartphone kamu agar dapat terdeteksi dan di Unlock pada smartphone.

Dan pastikan juga smartphone yang kamu punya sudah mendukung fitur USB OTG. Selain itu, periksa juga jenis port USB yang dimiliki oleh smartphone kamu, apakah portnya berjenis USB tipe B (USB biasa) atau USB tipe C.

Selain itu, sebelum kamu memformat flashdisk di android, kamu juga harus mem-backup data yang terdapat di dalam flashdisk.

Setelah penjabaran panjang di atas, mari kita langsung masuk ke langkah-langkah untuk melakukan format flashdisk di HP android, berikut langah-langkahnya:

  • Pertama, sambungkan flashdisk ke HP menggunakan kabel OTG.
  • Lalu, tunggu hingga flashdisk terdeteksi.
  • Kemudian, klik notifikasi Drive USB pada layar HP.
  • Selanjutnya, klik Titik Tiga di pojok kanan atas dan pilih menu Penyimpanan.
  • Setelah itu, pilih Format Flashdisk.
  • Terakhir, klik Hapus & Format.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses format selesai, kamu bisa mengecek flashdisk sudah selesai terformat dengan cara membukanya lewat “File Manager” di HP. Jika tidak ada data yang tersedia, maka proses format pada flashdisk di HP android telah berhasil kalian lakukan.

Biasanya setelah memformat maka nama Flashdisk akan berubah dari sebelumnya. Maka perlu mengubah kembali jika ingin menamai Flashdisk yang telah kalian format.

Berbeda jenis HP membuat beberapa perangkat tata letak pengaturan berbeda, maka dari itu diharapkan menyesuaikan dengan pengaturan jenis HP kamu. Tetapi secara garis besar akan mirip seperti langkah-langkah di atas. Dan perlu pembaca Flin Setyadi perhatikan, untuk tidak menyenggol kabel OTG ketika proses sedang berlangsung, karena dapat menghentikan proses penghapusan.

Baca juga: Merk Flashdisk Terbaik dan Termurah 2023

Akhir Kata

Sebagai tambahan, virus yang ada pada komputer maupun laptop windows tidak dapat menyerang HP Android karena perbedaan sistem operasi yang berjalan. Sehingga lebih aman memformat USB atau Flashdisk di HP apabila kalian takut melakukan format tadi di Laptop maupun PC.

Itulah cara yang dapat kamu lakukan jika ingin melakukan format pada flashdisk di HP android dengan mudah, aman dan praktis. Semoga bermanfaat!