Rumus Excel Menghitung Jumlah Cell yang Terisi Data

Rumus Excel Menghitung Jumlah Cell – Dalam Microsoft Excel bukan menjadi hal yang sulit dalam mengolah data yang berisi angka. Di situ kamu pasti akan menemui Cell yang terisi dan ada juga Cell yang kosong.

Apabila kamu ingin menghitung jumlah Cell tetapi hanya yang berisi angka saja maka dalam Excel kamu bisa melakukannya meskipun di dalam deret atau satu range tersebut ada angka, teks atau bahkan cell kosong.

Hal tersebut dikarenakan Excel telah menyediakan rumus khusus untuk menghitung jumlah cell.

Mulai kepo dengan cara menghitungnya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Menghitung Jumlah Cell yang Berisi Data

Terdapat tiga tahap Cara menggunakan rumus excel menghitung jumlah cell yang terisi.
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalan memilih sel tempat yang diinginkan untuk hasil yang mucul. Kedua pada tab ‘Rumus’, klik ‘Fungsi Lainnya’, arahkan ke ‘Statistik’, lalu klik salah satu  fungsi berikut ini:

  1. Jika cell yang akan kita hitung tanpa kriteria serta isinya angka saja maka kita bisa menggunakan rumus COUNT.
  2. Apabila Cell yang akan kita hitung memiliki satu kriteria saja maka gunakan rumus COUNTIF.
  3. Kalau Cell yang akan kita hitung memiliki dua atau banyak kriteria maka silahkan gunakan rumus COUNTIFS.
  4. Jika Cell yang akan dihitung berisi angka serta teks dan keduanya akan dihitung maka silahkan gunakan rumus COUNTA.
  5. Namun jika Cell yang akan kita hitung hanya cell kosong saja maka silahkan gunakan rumus COUNTBLANK.

Setelah memilih salah satu dari kelima fungsi di atas, langkah ketiga pilih rentang sel yang di inginkan, lalu tekan RETURN. Perlu diingat, rumus COUNT juga bisa digunakan untuk menghitung total di Excel.

Fungsinya pada Excel berguna untuk menghitung banyak cell atau kotak yang berisi data numerik seperti angka, tanggal, dan lain-lain. Sedangkan perbedaannya dengan SUM adalah COUNT hanya menghitung saja, bukan menjumlahkan.

Contoh Rumus Menghitung Jumlah Cell

Karena tujuan dari artikel ini adalah mencari rumus excel menghitung jumlah cell yang terisi angka, maka saya hanya memberikan contoh menghitung cell berisi angka saja.

Contoh 1:

Seperti penjelasan di atas, kita akan menggunakan rumus Excel COUNT. Perhatikan gambar berikut:

Contoh menghitung cell yang berisi angka

Pada gambar di atas terdapat dua kolom Excel yang berisi teks, angka dan cell kosong.

Contoh di atas kita hanya akan menghitung jumlah Cell untuk 1 Range saja, sedangkan rumus yang di gunakan pada Cell F3 adalah =COUNT (A4:A8).

Sedangkan hasil dari rumus COUNT di atas adalah 3 dan memang pada range tersebut Cell yang berisi angka hanya ada 3 yaitu Cell A4, A5 dan A8.

Contoh 2:

Pada contoh kedua ini kita akan menghitung jumlah Cell yang terisi angka dari 2 range dan kita akan menggunakan rumus untuk Cell 4 yaitu: =COUNT(A4:A8;C4:C8)

Sedangkan hasil dari rumus COUNT yang kedua di atas adalah 5 dan lima Cell yang berisi angka pada dua range tersebut adalah A4, A5, A8, C4 dan C5.

Sudah terlihat bukan bahwa rumus COUNT memang hanya menghitung Cell yang berisi angka saja, seperti keduacontoh di atas. Hebatnya, jika ada Cell kosong atau Cell yang berisi teks maka rumus COUNT akan otomatis mengabaikannya.

Apabila ingin melanjutkan pembahasan ke rumus lain, berikut video panduan menggunakan COUNIF yang tim Flin Setyadi temukan di laman web microsoft.

sumber: support.microsoft.com

Selain rumus excel menghitung jumlah cell, kemudian Kami juga menemukan contoh seperti pada gambar di bawah ini.

sumber: support.microsoft.com

Akhir Kata

Itulah rumus excel menghitung jumlah cell yang terisi angka. Dengan adanya rumus tersebut kamu akan menjadi lebih mudah dalam menghitung jumlah dalam data excel kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.