Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Android

Mengembalikan data yang terhapus di HP – Pada era yang serba digital pada dewasa ini, menyimpan data file di smartphone lebih praktis dibandingkan harus menyalinnya ke PC atau laptop.

Dikarenakan banyaknya data yang tersimpan, mungkin kamu ingin menghapus beberapa data yang sudah tidak terpakai lagi, tapi malah menghapus data yang masih perlu dipakai. Jika itu terjadi, jangan panik! Karena data yang terhapus tersebut masih bisa kamu kembalikan.

Data yang terhapus tersebut tidak langsung terhapus secara permanen di smartphone kamu. Data tersebut masih tersimpan di memori smartphone kamu.

Baca juga: Cara Sinkron File ke Google Drive di PC & Laptop (Sinkronasi Otomatis)

Untuk mengembalikan data file yang terhapus di Android kamu, kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti fitur trash, penyimpanan cloud dan aplikasi pihak ketiga. Berikut rincian lengkapnya.

Fitur Trash

Cara pertama yang dapat pembaca Flin Setyadi sekalian coba yaitu Fitur Trash. Smartphone Android memiliki Fitur Trash. Fitur ini bekerja seperti fitur Recycle Bin pada komputer Windows. Fitur Trash ini terdapat pada aplikasi File Manajer di Smartphone Android. Jadi cara mudah untuk mengembalikan data yang terhapus di HP Android adalah melalui fitur Trash.

Ketika kamu tidak sengaja menghapus data, foto, video atau dokumen, file tersebut tidak akan terhapus secara permanen. Fitur Trash akan mengamankannya selama 30 – 60 hari hingga kamu melakukan Restore. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu File Manager.
  • Lalu, pilih opsi Clean atau Pembersihan.
  • Kemudian, pilih fitur Trash atau Sampah.
  • Selanjutnya, file yang telah terhapus akan muncul.
  • Setelah itu, pilih file yang ingin dipulihkan dan klik Restore.
  • File sudah didapatkan kembali.

Cara Mengembalikan Data File yang Terhapus di Android dengan Penyimpanan Cloud

Cara kedua yaitu melalui Penyimpanan Cloud. Seperti yang pembaca Flin Setyadi sekalian tahu, smartphone sekarang sudah dilengkapi Penyimpanan Cloud yang terhubung dengan akun Google. Dan secara otomatis akan mencadangkan file seperti foto atau video di aplikasi Google Foto.

Aplikasi Google Foto secara otomatis akan mencadangkan foto atau video jika pengguna mengizinkan pada pengaturan awal. Proses mencadangkan data akan dilakukan secara real time ketika smartphone Android kamu sedang terhubung ke jaringan internet.

Jika file foto yang terhapus tidak ditemukan pada Fitur Trash, Kamu bisa menggunakan aplikasi Google Foto untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Google Foto.
  • Lalu, klik galeri foto dan tab menu Sampah dengan ikon tempat sampah.
  • Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan foto dan video yang sudah terhapus. Sentuh lama foto yang ingin dipullihkan.
  • Kemudian, pilih opsi Pulihkan dengan ikon tanda panah melingkar di bagian foto yang dipilih tersebut.
  • Selesai. Foto dan video sudah kembali ke galeri ponsel.

Baca juga: Cara Membuka File Excel Yang Belum Tersimpan / Di Save

Cara Mengembalikan Data File yang Terhapus di Android Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Pada cara terakhir ini, pembaca Flin Setyadi sekalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan data file yang terhapus di smartphone Android kamu. Kamu bisa mengembalikan data foto, video atau dokumen.

Caranya kamu tinggal mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store, dan pilih aplikasi yang kamu butuhkan. Dan pasang aplikasi tersebut. Setelah itu, aplikasi akan melakukan permohonan izin untuk mendapatkan akses pada memori penyimpanan perangkat.

Setelah selesai, kamu bisa memilih data file yang kamu butuhkan untuk dikembalikan. Namun perlu diperhatikan, beberapa aplikasi membutuhkan melakukan root pada smartphone kamu.

Baca Juga: Mengembalikan Foto Terhapus Permanen di HP

Akhir Kata

Demikian cara untuk mengembalikan data file yang terhapus di Android. Sebaiknya menjaga file penting dari kejadian terhapus tanpa cadangan ya. Bisa kalian gunakan penyimpanan cloud seperti Google Drive maupun copy salinan ke flashdisk atau laptop kalian.

Apalagi pembaca Flin Setyadi sekalian yang sedang kuliah dan kerja, pastikan data penting ada cadangan. Karena pernah nih kejadian laptop ditinggal di kos, eh kena banjir. Hilang dong data skripsi, mau nggak mau ngetik ulang lagi dari berkas yang sudah di-print.

Semoga bermanfaat!