Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi di Laptop atau PC

Cara Mempercepat Koneksi Internet dan WiFi – Meningkatnya kebutuhan akan internet pada era sekarang ini, dibutuhkannya kecepatan koneksi jaringan internet yang stabil. Apalagi bagi yang bekerja atau belajar dari rumah. Memiliki koneksi jaringan internet yang cepat dan lancar sangat dibutuhkan untuk hasil kinerja yang lebih baik.

Jika koneksi jaringan internet lambat atau tidak stabil akan sangat berdampak pada hasil pekerjaan. Maka dari itu kamu bisa mengikuti beberapa cara mempercepat koneksi internet WiFi.

Baca juga: Cara Cek Kecepatan Internet Secara Akurat

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi

Apakah kamu pernah mematikan lalu menghidupkan kembali router atau yang lebih dikenal dengan nama modem agar jaringan WiFi kamu kembali cepat dan stabil?

Ya, cara itu memang kadang berhasil untuk mengembalikan koneksi jaringan internet WiFi kamu yang sedang bermasalah. Tapi setelah beberapa lama akan kembali lagi terjadi. Nggak usah khawatir, karena pembaca Flin Setyadi juga bisa menggunakan cara seperti dibawah ini:

Letakkan Router Pada Posisi Yang Benar

Sebagai pemancar sinyal, router berfungsi sebagai pengirim sinyal ke segala arah. Oleh karena itu, meletakkan router pada tengah ruangan adalah solusi terbaik dan memberikan damak yang sangat besar. Sinyal dan kecepatan jaringan akan didistribusikan lebih merata.

Lain cerita jika router jauh dari perangkat, sinyal dan kecepatan jaringan internet akan lebih lemah dan tidak stabil. Router membutuhkan ruang terbuka untuk memancarkan sinyal. Kamu juga bisa mengikuti cara dibawah ini untuk mendapatkan posisi router yang benar sehingga bisa mempercepat koneksi internet WiFi:

  • Letakkan router di tempat tinggi. Router dirancang untuk memancarkan sinyal ke bawah.
  • Letakkan router dalam satu ruangan dengan perangkat penerima sinyal.
  • Letakkan router di tempat terbuka. Hindari tempat yang memiliki tembok yang tebal, karena sinyal merambat melalui udara.
  • Jauhkan router dari perangkat elektronik lain karena dapat menggangu sinyal.
  • Atur antena router. Posisikan antena ke arah dimana letak kemputer kamu.

Periksa Kekuatan Sinyal

Periksa kekuatan sinyal WiFi kamu berdasarkan lokasi dalam ruangan. Pembaca Flin Setyadi bisa menggunakan aplikasi penangkap sinyal WiFi yang dapat memetakan kekuatan sinyal penerimaan sinyal dari lokasi yang berbeda.

Dengan melakukan hal ini kamu dapat mengetahui tempat dengan pancaran sinyal yang kuat. Setelah menemukan lokasi, silahkan gunakan posisi terbaik tersebut untuk mempercepat koneksi internet.

Baca juga: Cara Ganti Paket Indihome Tanpa Ribet

Periksa Kecepatan Jaringan Internet

Selain memeriksa kekuatan sinyal kamu juga bisa memeriksa kecepatan koneksi jaringan internet kamu. Seperti kamu memeriksa kekuatan sinyal dengan aplikasi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengecek kecepatan koneksi jaringan internet kamu.

Hal ini dilakukan agar mengetahui apakah kecepatan jaringan internet kamu sesuai dengan apa yang telah kamu beli dari provider. Jika lebih lambat kamu bisa menghubungi call center dari provider internet yang kamu gunakan.

Atur Software Router

Jika kamu tinggal di tempat padat penduduk, sinyal dan jaringan nikrabel perangkat lain dapat sangat mengganggu sehingga mempengaruhi kecepatan jaringan internet router WiFi kamu. Kamu bisa mempercepat koneksi internet WiFi dengan mengatur preferensi tertentu pada perangkat lunak router.

Untuk membuka aksesnya, diperlukan IP khusus. IP ini biasanya tertera di bagian bawah router atau pada buku panduan yang menyertai modem. Kunjungi alamat IP tersebut dan masuk ke pengaturan kemudian ubah frekuensi sinyal.

Gunakan saluran yang minim akan gangguan seperti saluran 1,6 atau 11. Saluran ini jarang bersinggungan dengan saluran router milik orang lain. Selain pengaturan ini, periksa pula pembaruan Firmware. Beberapa jenis router perlu melakukan pembaruan untuk memperbaiki kinerjanya. Kamu juga bisa mengganti password WiFi kamu sehingga terbatas hanya untuk orang tertentu saja.

Pilih Bandwidth yang Berbeda

Pembaca Flin Setyadi bisa meningkatkan kecepatan jaringan WiFi kamu dengan memilih Bandwidth yang berbeda. Sebelum mengubahnya, pastikan terlebih dahulu perangkat kamu cocok dengan frekuensi yang kamu pilih. Kamu bisa cek melalui pengaturan administrator PC kamu untuk mengetahuinya. Pita frekuensi 2,4 GHz biasanya adalah standar pengaturan modem WiFi.

Bila tersedia, Kamu bisa mengubah pita frekuensi menjadi 5 GHz untuk mempercepat koneksi internet WiFi. Karena bandwidth koneksi pada frekuensi ini lebih besar dari standar biasa. Jika frekuensi ini cocok pada perangkat kamu, maka kamu bisa mendapatkan sinyal WiFi yang jauh lebih kuat.

Baca juga: Paket Internet Telkomsel 4G Paling Murah 2023

Percepat Komputer atau Laptop Kamu

Ketika kamu memiliki koneksi jaringan internet WiFi yang buruk pada laptop atau PC, terkadang hal ini bukan disebabkan oleh modem yang kamu pakai. Bisa jadi ini disebabkan oleh komputer kamu yang kehabisan memori internal sehingga mengakibatkan penerimaan jaringan internet menjadi lambat.

Karena sambungan WiFi adalah komunikasi antara pemancar dan perangkat penerima. Dengan membersihkan Cache, mengscan komputer dari virus dan malware dan menghapus data dan aplikasi yang tidak diperlukan akan meningkatkan memori komputer, sehingga kecepatan jaringan internet pun meningkat.

Hubungi Provider Internet

Jika cara di atas tidak ampuh dalam mempercepat koneksi internet WiFi kamu, kamu bisa menghubungi provider penyedia jaringan internet kamu. Kamu bisa konsultasi dengan masalah yang kamu hadapi, atau mengganti kecepatan koneksi internet kamu.

Atau pembaca Flin Setyadi bisa mengubah provider internet kamu, jika dirasa koneksi jaringan kamu tidak membaik.

Baca Juga: Cara Cek Bandwidth Indihome Paling Mudah

Akhir Kata

Dengan beberapa cara diatas kamu bisa mempercepat koneksi jaringan internet kamu. Semoga bermanfaat!