Cara Menghubungkan Google Form ke Google Sheet

Menghubungkan Google Form ke Google Sheet – Google form merupakan salah satu layanan dari Google yang memudahkan pengguna dalam membuat survei kuesioner, formulir, atau semacamnya. Menariknya lagi, terdapat salah satu fitur terbaik yang ada pada Google Form yakni mampu terhubung dengan Google Spreadsheet atau Google Sheet. 

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa Google Spreadsheet atau Sheet adalah software atau perangkat lunak berbasis web milik Google, untuk membuat tabel, perhitungan sederhana, atau pengolahan data.

Kamu dapat mengumpulkan data dengan lebih mudah dengan google form ini, karena cukup membagikan link yang kamu buat kepada orang lain atau responden kamu. Jika semua data terkumpul dalam Google Form, kamu dapat melakukan filter data di media lain untuk memudahkan kebutuhannya.

Misalnya Cara mudah merekap data yang sudah terkumpul hasil dari google Form ke spreadsheet, yakni kamu menghubungkan secara langsung dari Google Form tersebut ke Google Sheet yang kemudian dapat download menjadi bentuk Microsoft Excel.

Baca Juga: Cara Membuat Google Spreadsheet yang Bisa Diakses Semua Orang

Karena hal itu akan memudahkan kamu dalam mengolah data-data yang kamu terima dari responden, maka perhatikan cara mudah menghubungkan secara langsung Google Form dengan Google Sheet berikut!

Menghubungkan Google Form ke Google Spreadsheet

Sebelum menghubungkan Google Form ke Google Sheet, tentu kamu harus mempunyai Google Form terlebih dahulu. Setelah itu ikuti langkah berikut:

  1. Silahkan buat Formulir terlebih dahulu melalui laman docs.google.com/forms.
  2. Kemudian klik pada icon + (Tambah), kemudian isi formulir sesuai dengan kebutuhan kamu.
  3. Jika sudah selesai membuat, maka beralihlah pada tab “Responses” dan klik ikon Google Sheet berwarna hijau pada pojok kanan.
  4. Lalu pilih “Create a new spreadsheet” Masukkan nama spreadsheet kamu, dan Klik “Buat”.
  5. Setelah itu Google Sheet akan menampilkan data dari responden yang kamu minta sesuai format yang telah kamu buat sebelumnya.

Hal yang perlu kamu ingat, sebelum menyebarluaskan ke banyak responden, Maka pastikan terlebih dahulu kalian sudah menghubungkan Google Form dan Spreadsheet. Caranya dengan mencobanya mengisi kuisioner kamu sendiri, kemudian lihat hasilnya pada Google Sheet kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Google Form di HP dan Laptop

Cara mengubah Google Spreadsheet menjadi Excel

Selain menghubungkan google form ke google sheet, maka juga perlu kita ketahui cara mengubah Google Spreadsheet menjadi excel. Cara ini dapat kamu gunakan setelah memiliki data pada Google Sheet. Kemudian kamu dapat mengubahnya menjadi file Excel untuk kamu olah kembali dengan lebih mudah.

Perhatikan langkah berikut ini:

  1. Silahkan buka Google Spreadsheet atau klik di sini, lalu cari nama Sheet yang tadi sudah kamu hubungkan dengan Google Form.
  2. Kemudian klik pada File => Download.
  3. Lalu pilih Microsoft Excel (.xlsx). Maka semua data yang ada pada Google Sheet kamu, sudah bisa kamu edit secara langsung melalui Microsoft Excel.

Akhir Kata

Demikianlah sekilas tentang cara menghubungkan Google Form ke Google sheet serta cara mengubah Google Spreadsheet menjadi excel.

Baca Juga: Cara Memberikan Akses Google Form Ke Orang Lain

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Flin Setyadi. Jangan lupa nantikan artikel bermanfaat selanjutnya. Terimakasih!