Cara Mengatasi WhatsApp Terus Berhenti Paling Mudah

Cara mengatasi WhatsApp terus berhentiWhatsApp merupakan aplikasi pesan instan paling populer. Dengan tampilan yang simple dan mudah digunakan dan didukung oleh banyak fitur yang bagus. Namun pernah nggak pembaca Flin Setyadi mengalami WhatsApp keluar dan muncul pesan terus berhenti?

Tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi, WhatsApp juga sudah berevolusi menjadi salah satu akun bisnis yang banyak digunakan produsen untuk memasarkan dagangannya.

Pihak WhatsApp sampai sekarang pun masih menjalani perkembangan untuk terus melakukan perbaikan. Namun, masalah pasti tetap terjadi walau sudah dihindari, seperti “Unfortunately, WhatsApp has stopped”, ” Sayangnya WhatsApp telah berhenti,”, “WhatsApp terhenti”, atau “WhatsApp tidak menanggapi”, dan lainnya.

Dari pesan pop up yang muncul seperti itu menandakan aplikasi WhatsApp kamu mengalami force close atau menutup dengan sendirinya. Penyebab utamanya adalah penumpukan sampah pada memori internal dan external sehingga membuat aplikasi WhatsApp menjadi berat dan lambat untuk memuat aplikasinya.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp (WA) Verified / Centang Hijau [Resmi]

Cara Mengatasi WhatsApp Terus Berhenti

Ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi WhatsApp terus berhenti. Karena tergantung penyebabnya, cara dibawah dapat kamu coba untuk mengatasinya.

1. Keluar dan Kembali Buka WhatsApp

Untuk cara pertama, kamu dapat mencoba dengan keluar dari aplikasi WhatsApp dan tutup semua aplikasi yang berjalan di background setelah itu cobalah buka kembali aplikasi WhatsApp. Mungkin dengan cara ini WhatsApp kamu dapat kembali normal. Munculnya pesan error itu mungkin terjadi karena memori RAM yang penuh. Dengan menutup aplikasi yang sedang berjalan akan membuat RAM menjadi lebih ringan.

2. Hapus File Cache atau Data WhatsApp

Untuk setiap aplikasi yang berjalan akan menghasilkan file cache, temporary, history, atau file sampah. Cache merupakan data yang tersimpan sementara di aplikasi, dan dapat berguna untuk mempercepat pembukaan kembali WhatsApp. Namun, jumlah yang berlebihan dapat membuat aplikasi dihentikan.

Selain cache, menghapus data WhatsApp juga dapat mengatasi WhatsApp terus berhenti.

  1. Caranya kamu tinggal pergi ke Settings lalu kunjungi menu Apps dan pilih Aplikasi WhatsApp.
  2. Setelah itu, tekan Storage Usage dan pilih Clear Cache atau Clear Data.

Catatan: Setiap perangkat memiliki pengaturan yang berbeda. Silahkan sesuaikan dengan perangkat kamu.

Baca juga: Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp

Untuk menggunakan WhatsApp kembali, kamu tinggal membuka WhatsApp dan login kembali menggunakan nomor telepon WhatsApp kamu.

3. Update WhatsApp

Adanya error WhatsApp berhenti kamu mungkin dikarenakan aplikasi kamu sudah tidak kompatibel dengan versi WhatsApp yang ada. Pembaharuan juga dapat menghilangkan bugs dan kerusakan yang terjadi. Kamu bisa buka Google Play Store, kemudian pilih WhatsApp, lalu klik Update dan tunggu hingga proses selesai. Kamu bisa buka kembali WhatsApp kamu.

4. Uninstall dan Install ulang WhatsApp

Cara berikutnya adalah uninstall aplikasi WhatsApp kamu. Kamu tinggal tekan lama menu WhatsApp di halaman utama setelah itu tekan Uninstall. Atau kamu bisa pergi ke menu Pengaturan pilih Aplikasi & Notifikasi klik Aplikasi. Temukan dan pilih WhatsApp. Setelah itu, klik Hapus Instalasi untuk menghapus WhatsApp. Kemudian pergi ke Google Play Store untuk menginstall ulang WhatsApp.

Baca juga: Cara Mendapatkan Nomor WhatsApp Luar Negeri

5. Update OS Android

Selain mengupdate aplikasi, kamu juga bisa mengupdate Sistem Operasi (Android atau iOs) smartphone kamu untuk mengatasi WhatsApp terus berhenti. Dengan mengupdate sistem, kamu akan meningkatkan stabilitas sistem dan memperbaharui banyak fitur. Dengan cara, buka menu Pengaturan lalu pilih Sistem, klik Pembaruan Sistem. Kamu bisa memperbaharui sistem jika tersedia versi terbaru, jika tidak kamu bisa lewatkan cara ini. Setelah itu, unduh pembaruan dan ikuti proses pembaruan.

6. Bersihkan Penyimpanan dan RAM

Mungkin penyimpanan HP kamu hampir penuh, jadi sistem pada HP menutup aplikasi yang memiliki data yang besar seperti WhatsApp. Karena RAM membutuhkan ruang untuk membuatnya tetap berjalan normal. Sebaiknya kamu sering membersihkan ruang penyimpanan untuk HP berjalan normal.

7. Restart HP

Kamu bisa mencoba merestart HP kamu untuk mengembalikan kesegaran dan kinerja mesin Android kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencabut kartu SIM dan kartu SD. Setelah itu kamu bisa menghidupkan kembali HP kamu dan membuka WhatsApp kamu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Google Terus Berhenti Paling Mudah

Akhir Kata

Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih tambahan untuk membersihkan smartphone kamu dari cache, atau file sampah.

Itulah beberapa cara mengatasi WhatsApp terus berhenti yang dapat kamu ikuti ketika aplikasi kamu tidak dapat berfungsi. Semoga bermanfaat!