Tidak Bisa Mencadangkan WA ke Google Drive? Ini Cara nya

Flinsetyadi.com – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas masalah tidak bisa mencadangkan / backup WhatsApp (WA) ke Google Drive serta solusi cara mudah nya.

Nah readers sekalian, pembahasan kita kali ini masih seputar gadget ya. Dan pembahasan kita masih seputar google drive nih, yang sekarang juga berhubungan dengan WhatsApp.

Seperti yang kita ketahui bahwa Aplikasi whatsapp merupakan salah satu aplikasi komunikasi yang banyak di gunakanan. Di dalam whatsapp ini lebih menjuru ke layanan komunikasi seperti chat pribadi dua orang, chat grub, video call, panggilan, voice note, dan lainnya. Tak hanya itu, kalian juga bisa membagikan aktivitas kegiatan melalui status whatsapp juga setelah lain berupa profil, keamanan, data, chat, dan lain sebagainya ya. Di whatsapp ini juga terdapat pengaturan yang bisa membuat foto, video, atau file dokumen bisa langsung tersimpan di galeri HP kalian ya, namun bisa di nonaktifkan.

Nah, lalu apa hubungannya antara whatsapp dengan google drive pada pembahasan kali ini. Readers sekalian, seperti yang sudah kami beritahukan sebelumnya bahwa kalian bisa mengatur otomatis foto atau video yang masuk di WA ke galeri HP. Namun terkadang kita tidak bisa menghandel foto atau dokumen yang tidak penting masuk ke galeri ya, dan bisa membuat galeri penyimpanan penuh. Nah, di sinilah fungsi pengganti google drive dalam pencadangan dokumen whatsapp kalian yang akan di simpan di sana ya.

Fitur pencadangan whatsapp ke google drive ini bisa kalian atur di bagian setelan dan chat ya. Google drive akan melakukan backup semua dokumen dari WhatsApp kalian mulai dari chat, foto, video, dan dokumen lain. Lantas bagaimana jika kita tidak bisa melakukan pencadangan wa di google drive tersebut, kalian tenang saja karena kami akan memberikan informasinya kepada kalian. Yuk simak penjelasan kami di bawah ini sampai selesai.

Baca Juga: Cara Backup Chat dan File WhatsApp di Android

Tidak Bisa Backup / Mencadangkan WhatsApp (WA) ke Google Drive

Tidak Bisa Mencadangkan WA ke Google Drive? Ikuti Langkah Ini

Nah readers sekalian, setelah ini akan kami berikan informasi terkait masalah tidak bisa mencadangkan wa ke google drive ini ya. Dan juga beberapa informasi tambahan seperti penyebab dan lainnya. Untuk kalian yang ingin tahu atau yang sedang mengalami masalah ini, yuk simak penjelasan kami berikut.

Penyebab Tidak Bisa Melakukan Pencadangan

Nah readers sekalian, pembahasan pertama kita mengenai beberapa penyeba yang bisa terjadi dalam masalah tidak bisa pencadangan ini. Karena memang memback up whatsapp ini cukup penting jika sewaktu-waktu terjadi masalah atau hilangnya dokumen whatsapp kita. Apalagi untuk kalian yang menggunakan whatsapp dalam pekerjaan atau kegiatan yang penting ya. Berikut beberapa penyebab yang bisa terjadi di masalah gagal pencadangan.

  • Penyebab pertama yabg bisa menjadi penyebab masalah ini ialah karena kalian tidak melakukan log in ke akun yang sama. ya. Jadi pastikan kalian log in akun google drive atau wa di akun yang sama.
  • Selanjutnya penyebab kedua yang bisa menjadi penyebab masalah gagal pencadangan ini ialah karena kalian tidak menggunakan nomor telepon yang sama ketika di pakai untuk membuat cadangan atau backup sebelumnya.
  • Penyebab ketiga yang bisa membuat gagal pencadangan wa di ggogle drive ialah karena kartu SD kalian mengalami kerusakan atau riwayat chat yang justru rusak juga. Bisa juga karena nomor HP kalian sudah kadaluarsa atau hangus ya.
  • Terakhir, penyebab keempat yang bisa kami beri tahukan ialah karenatidak ada file cadangan di akun Google drive atau cadangan lokal di telepon kalian.
  • Dan lain-lain.

Nah readers sekalian, di atas ini merupakan beberapa penyebab yang bisa membuat kalian gagal atau tidak bisa melakukan pencadangan wa di google drive ya. Kalian bisa memperhatikan terkait beberapa penyebab di atas yang bisa membuat gagal pencadangan. Setelah ini akan kami berikan informasi terkait apa yang perlu kalian perhatikan lagi jika masih gagal pencadangan.

Baca Juga :

Cara Mematikan Startup Aplikasi Di Windows 7, 8, 10 & 11 – Flin Setyadi

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop / PC Windows 10 & 11 – Flin Setyadi

Setting HP Samsung Biar Enteng Dengan Cara Ini ✅ – Flin Setyadi

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Nah readers sekalian, untuk kalian yang masih belum berhasil ketika mencadangkan wa di google drive ketika melihat beberapa penyebab di poin sebelumnya. Sekarang kami akan memberikan lagi beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ya. Berikut informasinya untuk kalian semua.

  • Hal pertama yang bisa kalian perhatikan adalah dengan menambahkan akun google ke telepon atau HP kalian. Kalian bisa menambahkan akun google seperti email kalian ya.
  • Selanjutnya yang perlu di perhatikan kedua adalah aplikasi layanan Google Drive harus sudah terpasang di HP kalian masing-masing.
  • Hal yang perlu di perhatikan ketiga adalah kalian mencoba melakukan pencadangan di data seluler, maka harus kalian pastikan bahwa kalian memiliki data whatsapp dan layanan google play. Maka, hubungi operator seluler jika kalian sendiri tidak yakin. 
  • Terakhir yang bisa kalian perhatikan ialah dengan melakukan pencadangan ulang di jaringan yang berbeda dan coba kalian hubungkan telepon ke jaringan Wifi yang tidak bisa kalian lakukan menggunakan data seluler. 
  • Dan lain-lain.

Nah readers sekalian, di atas ini merupakan beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam masalah pencadangan WA di google drive ya. Jika kalian sudah memahami apa penyebab dan hal apa saja yang perlu kalian perhatikan ketika ingin melakukan back up ya. Setelah ini akan kami berikan cara mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Mencadangkan WA di Google Drive

Untuk mencoba apakah kalian sudah bisa melakukan pencadangan whatsapp. Maka kalian bisa mencoba langsung untuk memback up nya di google drive ya. Untuk kalian yang belum mengetahui bagaimana caranya. Berikut kami berikan langkah-langkah yang bisa kalian ikuti dengan perlahan.

  • Pertama-tama, silahkan kalian masuk ke aplikasi whatsapp kalian masing-masing. Pastikan kalian sudah menggunakan aplikasi dengan versi terbaru atau jika belum, kalian bisa melakukan update aplikasi di play store. 
  • Selanjutnya, silahkan kalian masuk ke menu pengaturan atau seteldan dengan meng-klik simbol berbentuk titik tiga yang terletak di bagian pojok kanan atas. Setelah itu, baru kalian klik menu ‘Setelan’.
  • Kemudian, kalian bisa klik bagian ‘Chat’ dan kalian lanjutkan ke pilihan ‘cadangan chat’. 
  • Setelah itu, kalian dapat meng klik ‘cadangkan ke Google drive’. 
  • Maka nanti kalian akan di minta utnuk memilih frekuensinya selain jangan pernah. 
  • Kalian akan di minta memilih akun google untuk menyimpan riwayat chat kalian, jika tidak ada akun Google yang terhubung maka kalian bisa langsung menambahkan atau mamasukan informasi kalian ya. 
  • Kemudian kalian klik ‘Cadangan atau backup’ dan pilih jaringan yang ingin kalian gunakan untuk proses pencadangan atau backup. 
  • Selesai. 

Nah readers sekalian, di atas ini merupakan cara untuk mengecek apakah kalian sudah bisa melakukan pencadangan wa di google drive. Setelah kalian melihat penyebab dan menyiapakan atau mengetahui beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Cara di atas ini akan memerlukan waktu atau proses sesuai dengan banyaknya file atau chat yang ingin kalian cadangkan. Kemudian pencadangan whatsapp di google drive ini juga memerlukan memori penyimpanan ya, yang di mana akan berpengaruh pada memori HP kalian.

Bisangan memori yang di gunakan dalam pencadangan ini bisa sampai ber GB ya. Tergantung dari data whatsapp kalian, semakin banyak file atau chat yang di cadangkan, maka akan semakin banyak memakan memori yang tersedia. Oleh karena itu, jika terdapat file atau chat yang tida penting, kalian bisa menghapus dan mengecek secara berkala ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga: Cara Mencadangkan Kontak Ke Akun Google Terlengkap

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian, di atas tadi merupakan beberapa informasi terkait masalah tidak bisa backup / mencadangkan WhatsApp (WA) di google drive. Jangan lupa untuk mampir ke web kami untuk mendapatkan informasi menarik dan pastinya bermanfaat lainnya ya. Mulai dari kategori gadget, bisnis, media sosial, game, fintech, informatika, dan kategori menarik lainnya. Mohon maaf jika kalian menemukan kesalahan satau kekeliruan dan terima kasih sudah berkunjung ke lapak kami.