Cara Melihat Kunci Jawaban Di Google Formulir

Flinsetyadi.com – Sejak masuk ke masa pandemi Covid-19, seluruh lapisan masyarakat baik lokal maupun luar negeri dituntut untuk melakukan segala aktifitas secara online alias daring. Beberapa aktifitas tersebut menggunakan bantuan Google Form atau Formulir.

Baik proses pembelajaran di sekolah dan kampus, maupun pekerjaan di kantor atau yang sejenisnya. Karena itu, banyak sekali media-media baru yang bermunculan untuk  menyediakan layanan atau situs-situs yang membantu aktifitas online tersebut.

Salah satunya Google Form atau Google Formulir. Sesuai dengan namanya, layanan ini masih berinduk pada perusahaan terkenal yang bergerak di bidang internet yaitu, Google. Adapun layanan ini lebih sering digunakan sebagai bantuan dalam media pembelajaran.

Di sekolah, sebagian besar guru lebih memilih menggunakan Google Form untuk mengganti pengerjaan tes menggunakan kertas secara offline seperti biasa. Tidak hanya guru, begitu pula dengan dosen yang mengajar mahasiswa di berbagai jenjang perkuliahan.

Lagipula, dengan menggunakan Google Form tentu guru tidak perlu lagi menyiapkan kertas yang banyak untuk dibagikan kepada peserta ujian. Karena alasan praktis tersebut, banyak dari para pengajar yang masih menggunakannya untuk mengujikan materi yang telah disampaikan.

Walaupun masa pandemi sudah lama terlewat, Google Form masih menjadi jalan ninja untuk membantu proses pengerjaan soal. Namun, tahukah kamu bahwa kamu bisa melihat kunci jawaban dari soal-soal pada Google Form.

Jadi, simak artikel ini sampai habis karena flin setyadi akan membahas cara melihat jawaban di Google Formulir.

Baca Juga:

Cara Membuat Google Form di HP dan Laptop

Melihat Kunci Jawaban Google Formulir Melalui Laptop / PC

Melihat Kunci Jawaban Google Formulir Melalui Laptop / PC

Untuk cara melihat jawaban di Google Formulir yang pertama, bisa kamu lakukan melalui perangkat PC seperti komputer, laptop dan sejenisnya. Adapun cara untuk melakukannya terbilang mudah.

Karena, yang perlu kamu lakukan adalah cukup mengubah tulisan pada linknya. Dengan begitu, kamu sudah masuk ke pengaturan yang lain jika link berubah.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jika menggunakan laptop untuk membuka suatu situs tertentu maka linknya akan langsung terlihat di bagian atas. Jadi, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka link Google Form yang ingin kamu kerjakan
  2. Lihat pada link halaman tersebut, terdapat tulisan ‘Viewform’. Kamu bisa mengubahnya menjadi ‘Viewanalytics’. Contoh link Google Form :

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfp6FHvb7Whsrhju0d_gMHoOZOMf2N5wEMz36TEsINNzGhA/viewform?hr_submission=ChkIyryv6LkBEhAIiuDJ8tADEgcI

Link Google Formulir tersebut bisa kamu ubah menjadi :

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfp6FHvb7Whsrhju0d_gMHoOZOMf2N5wEMz36TEsINNzGhA/viewanalytics?hr_submission=ChkIyryv6LkBEhAIiuDJ8tADEgcI

  1. Setelah menggantinya, tekan ‘Enter’ dan tunggu sebentar. Namun yang perlu diperhatikan adalah kunci jawaban hanya akan terlihat jika pembuat soal mengaktifkan ‘See summary charts and text responses’

Baca Juga:

Cara Membuat Google Form Untuk Absen

Melihat Kunci Jawaban Google Form Melalui HP

Melihat Kunci Jawaban Google Form Melalui HP

Selain melalui laptop, kamu juga bisa mengetahui cara melihat jawaban di Google Formulir melalui hp. Cara ini sangat cocok bagi kamu yang sering menggunakan hp untuk mengerjakan tugas. Karena Google Form juga tetap bisa dibuka walaupun melalui hp.

Adapun cara untuk melakukannya sangat mirip dengan yang dilakukan pada laptop. Namun, hanya berbeda kata kuncinya saja. Jadi, berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka link Google Form yang ingin kamu kerjakan
  2. Untuk melihat link halaman tersebut, tekan symbol titik tiga di pojok kanan atas layar
  3. Pilih opsi ‘Open in Chrome’
  4. Klik link dibagian atas, lalu tekan ikon pensil untuk mengeditnya
  5. Lihat pada link tersebut, lalu ubah tulisan ‘Viewform’ menjadi ‘View-source’ atau ‘Viewanalytics’ seperti cara diatas
  6. Tekan ‘Enter’ pada keyboard lalu tunggu sebentar
  7. Dan jawaban akan muncul di halaman tersbut. Namun, hanya dengan syarat apabila pembuat soal mengaktifkan izin untuk melihat jawaban kepada responder

Baca Juga:

Cara Membuat Survey Di Google Form Lengkap dan Mudah

Akhir Kata

Itulah cara melihat jawaban di Google Formulir melalui hp dan laptop. Jadi, jika kamu belum memiliki laptop jangan khawatir karena kamu masih bisa menggunakan hp untuk melakukannya.

Namun, tentunya dengan alasan yang bisa dibenarkan. Misalnya, untuk memeriksa jawaban setelah soal dikumpulkan kepada guru atau sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih telah berkunjung ke flin setyadi.