Google Tidak Bisa Dibuka? Ini Cara Mengatasi Termudah

Flinsetyadi.com – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas terkait masalah situs Google atau Aplikasi Chrome tidak bisa dibuka dan cara mengatasi nya. Nah readers sekalian, pembahasan kita kali ini masih seputar gadget dan teknologi informasi ya. Pembahasan kita kali ini juga masih seputar google dan salah satu masalah yang mungkin pernah kalian alami.

Seperti yang kita tahu ya bahwa google merupakan salah satu perusahaan atau nama yang sudah besar dan di kenal oleh masyarakat seluruh dunia. Google sudah berhasil masuk dan membuat pemikiran masyarakat terhadap sesuatu yang berhubungan dengan informasi, maka akan berhubungan dengan google. Hal ini karena hampir di semua situs, media sosial, atau aplikasi membutuhkan email yang bisa tersambung ke google ya. Sehingga kalian hanya tinggal membuka situs atau tujuan kalian dengan google.

Nah google juga banyak sekali loh mengeluarkan fitur-fitur atau layanan lain sehingga kalian bisa mengakses sesuatu. Salah satunya yaitu google crome yang di mana kalian bisa mendapatkan informasi dengan mencarinya di google crome. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang-orang berfikir jika tidak dengan google, di mana mereka harus mencari informasi lain di media sosial. Inilah yang menyebabkan orang-orang juga berfikir google tidak memiliki kekurangan dan celah ya.

Namun nyatanya ternyata Google Chrome juga bisa mengalami trouble loh seperti lemot atau situs google yang tidak bisa dibuka. Hal ini bisa di pengaruhi oleh beberapa faktor ya. Untuk kalian yang ingin tahu ataupun sedang mengalami masalah ini. Yuk kalian simak penjelasan kami sampai selesai ya. Berikut di bawah ini informasinya.

Baca Juga: Cara Mengganti Akun Google Chrome di HP dan Laptop

Situs Google atau Aplikasi Chrome Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Situs Google atau Aplikasi Chrome Tidak Bisa Dibuka

Nah readers flin setyadi sekalian, setelah ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai situs Google atau aplikasi Chrome yang tidak bisa dibuka ini ya. Juga beberapa penyebab yang bisa kalian ketahui untuk mencegah hal serupa terjadi di kemudian hari. Setelah itu kami akan memberikan solusi untuk kalian mengatasinya. Yuk, di simak terus.

Beberapa Penyebab Google Tidak Bisa Dibuka

Nah readers, setelah ini kita akan membahas terlebih dahulu mengenai beberpaa penyebab situs Google tidak bisa dibuka ini ya. Berikut informasinya.

1. Server Bermasalah

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab google error atau tidak bisa di buka adalah karena server dari pusat. Server dari pusat ini mengalami masalah atau trouble yang membuat google error ya. Biasanya dari pihak google juga akan memberikan informasi dan permogonan maaf kepada pengguna ya. Jadi hal pertama ini murni dari trouble pusat.

2. Jaringan Internet Tidak Stabil atau Down

Penyebab kedua yaitu karena jaringan internet ya. Bisa jadi jaringan internet dari pusat yang memang sedang mengalami masalah sehingga pengguna serentak juga tidak bisa menggunakannya. Namun bisa jadi juga pengaruh dari jaringan internet kalian ya, entah kuota internet kalian, daerah jaringan internet, ataupun paket data HP kalian. Jika koneksi internet atau paket data sedikir, maka google juga akan tersendat atau tidak bisa di buka ya.

3. Penumpukan Data di Browser

Penyebab ketiga yang bisa membuat situs google lama atau tidak bisa dibuka adalah karena penumpukan data di browser Chrome kalian ya. Bisa jadi karena penumpukan yang terlalu lama atau kalian yang tidak mengaktifkan hapus history otomatis selama beberapa bulan. Karena penumpukan ini bisa menjadi cache atau sampai yang bisa membuat loading google pencahrian kalian lama bahkan tidak bisa di buka ya. Oleh karena itu, bersihkan secara berkala.

4. Memori Internal Penuh

Penyebab terakhir yang mungkin bisa terjadi adalah karena penumpukan memori internal HP atau laptop kalian. Sama halnya seperti cache atau sampah tadi yang bisa memengaruhi kinerja jika tidak di bersihkan secara berkala. Bisa jadi juga karena terlalu banyak device yang dibuka atau situs serta aplikasi yang di buka. Sehingga sistem akan error karena bingung harus membuka yang mana terlebih dahulu, sehingga google ikut terdampak.

Nah readers, mungkin di atas ini beberapa peneybabnya ya. Setelah ini akan kami sampaikan solusi dan beberapa langkah-langkahnya. Yuk, simak terus.

Cara Mengatasi Google Chrome yang Tidak Bisa Dibuka

Nah readers sekalian, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengatasi google tidak bisa di buka ya. Berikut beberapa informasi dan cara yang bisa kalian simak.

1. Restart HP atau Laptop

Cara pertama yang biasa di lakukan oleh orang-orang adalah dengan merestart HP atau laptop ya. Karena memang biasanya hanya terjadi masalah kecil karena terlalu banyak device atau situs yang dibuka. Cara ini juga merupakan salah satu hal cara yang paling mudah dan sering berhasil ya, karena memang biasanya laptop atau HP hanya perlu istirahat atau di dinginkan sebentar.

2. Paksa Berhenti Aplikasi Google Chrome dan Buka Kembali

Cara kedua yaitu dengan memaksa berhenti google kalian. Ketika kalian membuka google atau google crome misalnya, kemudian tiba-tiba lama atau error. Maka paska berhenti google tersebut dengan meng-klik ‘Paksa Berhenti’ atau kalian keluarkan secara mandiri. Namun apabila terdapat file penting ketika sebelumnya kalian membuka google tersebut, maka backup terlebih dahulu atau pastika file tersebut aman.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Laptop Freeze OS Windows 10 & 11 💻 – Flin Setyadi

Perangkat Keras Jaringan Komputer : Jenis & Fungsinya – Flin Setyadi

HP Samsung Mati Mendadak? Ini Penyebab Dan Solusi ✅ – Flin Setyadi

3. Update Peramban

Cara ketiga yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara meng-update sesuatu yang berhubungan dengan google ya. Maksudanya adalah, karena google memiliki banyak layanan atau fitur lain seperti google chrome, google meet, google drive, google translate, dan lain sebagainya.

Maka kalian perlu mengupdate sesuatu yang berhubungan atau yang bermasalah tersebut. Contohnya Google Chrome tidak bisa dibuka, maka aplikasi yang perlu kalian update adalah chrome.

4. Ganti Provider Internet

Cara yang keempat adalah dengan mengganti provider internet ya. Seperti yang sudah di jelasakan sebelumnya bahwa internet menjadi salah satu hal yang penting ketika ingin membuka google. Nah, jika kalian tidak bisa membuka google ketika mengakses, maka coba kalian liat jaringan internet kalian. Apalagi jika kalian berada di daerah susah sinyal atau internet ya.

Jika kalian berpindah ke lain daerah yang bukan biasanya daerah kalian menggunakan internet secara lancar. Maka kemungkinan daerah tersebut memang susah sinyal ataupun jenis internet kalian yang memang bukan yang terkuat di sana. Misalnya di daerah tersebut lebih dominan dengan internel Telkomsel, sedangkan kalian menggunakan Tri. Maka kalian harus menyesuaikan kembali dengan mengganti provider internet kalian dengan Telkomsel ya. Pastikan juga bahwa kalian memiliki kuota atau paket data yang cukup.

5. Hapus Data Peramban atau Browser

Nah mengatasi Google Chrome tidak bisa dibuka yang kelima ini adalah dengan menghapus riwayat peramban atau browser kalian. Sudah di jelaskan sebelumnya bahwa data dalam browser ini jika tidak kalian bersihkan secara berkala akan menumpuk dan menjadi cache atau sampah. Nah, jika menumpuk inilah akan membuat kinerja menurun atau bahkan sudah sampai tidak bisa di buka ya.

Oleh karena itu, ketika kalian sudah selesai menggunakan google, khususnya google browser karena memang ini yang paling banyak di gunakan. Kalian sering-seringlah membersihkannya dengan manual ataupun di pengaturan. Di bagian pengaturan google terdapat menu ‘Kelola History’ yang di mana kalian bisa mensetting untuk data browser di hapus setiap beberapa bulan sekalia ya. Atau jika kalian ingin menghapus secara keseluruhan, maka di menu ‘Kelola History’ tersebut juga ada ya, jadi kalian tinggal pilih saja.

6. Hapus File yang Sudah Tidak Terpakai

Cara terakhir yang bisa kami berikan kepada kalian adalah dengan menghapus file yang sudah jarang atau tidak di pakai ya. Jika google yang bermasalah adalah di HP kalian, maka kalian bisa memback up file-file kalian di laptop atau flashdisck ya. Atau kalian bisa langsung menghapusnya jika memang sudah tidak penting. Karena penumpukan file-file di HP atau laptop yang sudah melebihi kapasitas juga berpengaruh terhadap kinerja lainnya, salah satunya google juga.

Baca Juga: Cara Setting Chrome Sebagai Default Browser HP & Laptop

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian, di atas ini merupakan beberapa informais mengenai situs Google atau Aplikasi Chrome tidak bisa dibuka. Jangan lupa mampir ke web kami untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan terima kasih sudah berkunjung ke lapak kami. See you.