Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung

Flinsetyadi.com – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung. Nah raders sekalian, pembahasan kita kali ini masih seputar kategori gadget ya. Kita akan membahas lebih dalam mengenai kartu SD yang berada di HP Samsung zya.

Seperti yang kita ketahui bahwa di zaman yang semakin maju ini sudah berkembang banyak inovasi salah satunya di bidang informatika. Teknologi dan informasi ini memang semakin maju dan berkembang sesuai dengan kemajuan zaman dan kebutuhan manusia. Salah satunyanya yaitu pada bidang komunikasi ya, atau alat yang paling sering kita gunakan sebagai media komunikasi adalah handphone.

Nah, HP ini juga banyak merek dan kegunaannya tersendiri ya yang di kembangkan oleh beberapa orang atau personal. Salah satu merek HP yang sudah kita ketahui lama dan bisa di sebut sebagai senior adalah HP dengan Merek Samsung ya. HP ini pastinya sudah masuk ke dalam lingkup masyarakat dan sudah di kenal luas dan di pakai oleh beberapa orang si seluruh dunia. Nah di HP inilah, juga banyak komponen penting yang memaksimalkan kerja HP kita ya, yang dimana salah satu komponennya yaitu kartu SD.

Kartu S atau Sim Card ini sangat penting ya ada di HP kalian. Tanpa sim card ini kalian tidak bisa berkomunikasi, menggunakan internet, melakukan panggilan, SMS, dan lainnya. Oleh karena itu, kartu SD ini sangat penting dan terkadang bisa tiba-tiba tidak terdeteksi ya. Banyak penyebab kartu SD tidak terdeteksi salah satunya karena tergeser. Untuk kalian yang mengalami kartu SD tidak terdeteksi, Simak penjelasan kami di bawah ini.

Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung

Nah readers sekalian, mungkin di antara kalian sedang mengalami masalah ini ya. Lantas kalian bingung karena tiba-tiba kalian tidak bisa mengakses internet atau melakukan panggilan dan SMS. Nah ketika kalian lihat, ternyata ikon atau tanda kartu SD kalian hilang atau berbentuk ‘X’ ya. Setelah ini akan kami berikan beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Samsung.

Penyebab Kartu SD atau SIM Card Tidak Terbaca

Berikut kami berikan beberapa penyebab yang bisa mengebabkan SIM Card kalian tidak terdeteksi atau terbaca ya.

  • Hal pertama yaitu kondisi posisi yang tidak pas. Kondisi posisi kartu SIM yang kurang pas juga bisa menjadi penyebab kartu SIM tidak terdeteksi atau terbaca. Kemudian, karena HP jatuh atau terkena benturan juga bisa menyebabkan kartu SD bergeser.
  • Kedua, yaitu kesalah konfigurasi jaringan. Kesalahan konfigurasi kartu SD atau jaringan juga bisa menjadi penyebab kartu SIM tidak terbaca. Hal ini bisa disebabkan karena, setelan kartu SD di HP kalian dalam keadaan pengaturan APN yang salah atau disable.
  • Ketiga, usia kartu lama. Kartu SD yang sudah berusia kurang lebih 3-5 tahun akan mengalami degradasi di material plastik serta kuningan. Jika ini kalian biarkan, maka hal itu bisa menjadi penyebab kartu SIM tidak terbaca. Dan kemungkinan sudah saatnya ganti dengan kartu SIM yang baru.
  • Keempat, IMEI hilang. IMEI ialah kode unik yang berfungsi untuk identitas pada HP. Jika IMEI tidak terdeteksi atau tidak ditemukan, maka kartu SIM kalian tidak akan terbaca. Pada umumnya IMEI yang hilang sering terjadi setelah melakukan akses root dan flashing.
  • Kelima, slot kartu SIM rusak. Bia jadi slot kartu SD kalian rusak sampai menyebabkan kartu SD tidak terdeteksi atau tidak terbaca. Agar memastikan, coba lakukan pengujian dengan memasang kartu SIM lain.

…………..

  • Keenam, kuningan kartu SIM tergores atau rusak. Kuningan adalah komponen penting di kartu SIM atau SD. Bagian ini sangat sensitif, jika terdapat benda yang membuat kuningan tersebut tergores terlalu dalam, maka akan membuat jalur kuningan terputus serta kartu SIM tidak dapat terbaca oleh HP.
  • Ketujuh, masa pakai kartu SD habis. Ketika kalian lupa untuk memperpanjang masa aktif kartu atau mengisi pulsa, maka kartu SIM kalian akan masuk ke masa tenggang. Ketika di masa tenggang tersebut kartu SIM tidak di perpanjang, maka pastinya kartu SD akan di nonaktifkan dan tidak bisa di gunakan lagi.
  • Kedelapan, kerusakan komponen IC PA. IC PA adalah komponen HP yang berfungsi sebagai menerima sinyal. Jika HP kalian tidak terdapat sinyal sama sekali atau bertanda ‘X’, bisa jadi komponen IC PA yang rusak.
  • Kesembilan, slot kartu SIM rusak. Kemungkinan slot kartu SD kalian rusak sehingga menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi atau terbaca. Untuk memastikan, coba kalian lakukan pengujian dengan cara memasang kartu SIM lain.

Nah itulah beberapa penyebab yang bisa memicu kartu SD atau SIM Card kalian tidak etrdetksi atau terbaca. Kalian cek ya di SIM Card kalian masing-masing.

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terdeteksi

Setelah kalian mengetahui beberapa penyebab yang bisa menjadi penyebab kartu SD tidak terdeteksi. Maka setelah ini akan kami berikan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Samsung.

1. Penembapatan Kartu SIM yang Tepat

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan memastikan kondisi kartu SIM kalian apakah sudah benar dan pas. Karena bisa jadi ketika HP kalian terbentur atau tejatuh, kartu SD kalian ikut bergeser. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, kalian coba buka slot kartu SIM di HP kalian. Biasanya akan di sediakan alatnya pada kotak HP kalian.
  • Selanjutnya, kalian lepaskan kartu SIM dan pasang kembali.
  • Kemudian, kalian pastikan bahwa pemasangan sudah pas dan benar.
  • Jika sudah, coba kalian muat ulang HP kalian untuk me-refresh komponen.

Pada beberapa HP Samsung model lama, penempatan kartu SIM masih di bawah baterai. Jika slot kartu SD terlihat renggang, kalian dapat ganjal kartu SIM dengan tisu atau kertas agar kuningan kartu SIM menempel pada jalur konektor.

2. Restart HP Samsung

Cara kedua yaitu dengan merestart HP Samsung kalian. Cara ini merupakan cara yang paling sering dilakukan orang-orang ketika mengalami beberapa masalah pada HP ya. Karena bisa jadi saat kartu SD kalian tidak terbaca atau tidak etrdeteksi, terdapat gangguan atau masalah pada internet. Biasanya masalah kartu SD yang tidak terbaca dan juga beberapa masalah lain, seperti aplikasi tidak dapat terbuka, hug, macet, sinyal yang tidak muncul, dan lainnya bisa diatasi dengan memuat ulang perangkat.

Baca Juga :

10 Aplikasi Booking Hotel Murah dan Lengkap 2022 🏨 – Flin Setyadi

Cara Mengaktifkan Always On Display HP OPPO ✔ – Flin Setyadi

Cara Mengatasi Laptop Freeze OS Windows 10 & 11 💻 – Flin Setyadi

3. Aktifkan Mode Pesawat Terbang

Tak hanya untuk memuat ulang perangkat, kalian dapat memakai mode perawat terbang untuk me-efresh jaringan. Seharusnya fitur mode pesawat terbang dipakai ketika kalian melakukan penerbangan supaya tidak mengganggu komunikasi. Akan tetapi, kalian dapat memanfaatkan fitur ini untuk merefresh konektivitas jaringan (SIM Card, WiFi, Bluetooth, dan lainnya). Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka menu ‘Pengaturan’ di HP Samsung kalian.
  • Selanjutnya, kalian pilih opsi ‘Koneksi’.
  • Kemudian, silahkan aktifkan ‘Mode terbang’ selama beberapa saat.
  • Setelah itu, matikan kembali.
  • Terakhir, lihat apakah kartu SIM kalian sudah dapat terbaca atau belum.
  • Selesai.

Tak hanya melalui menu Settings, kalian juga dapat mengakses fitur pesawat terbang melalui status bar atau notifikasi bar atas. Scroll bagian notifikasi di layar HP Samsung kalian, kemuidan kalian aktifkan mode pesawat terbang selama beberapa saat kemudian off-kan lagi.

4. Konfigurasi Ulang Jaringan

Cara keempat untuk mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Samsung adalah dengan menkonfigurasi Ulang Jaringan. Cek apakah kartu SD di slot 1/2 sudah dalam keadaan aktif (enable), APN (Access Point Name) sudah benar, dan setelan jaringan sudah di atur secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka menu ‘Pengaturan’ di HP Samsung kalian.
  • Selanjutnya, kalian pilih opsi ‘Koneksi dan Jaringan seluler’.
  • Kemudian, silahkan kalian memilih ‘Nama Poin Akses’, lalu kalian pilih APN default dari kartu SIM yang kalian gunakan.
  • Jika kalian mau, kalian juga dapat menambahkan APN lain dengan klik ‘Tambah’ yang terletak di bagian atas.
  • Selesai.

5. Reset Setelan Jaringan

Cara kelima adalah dengan reset setelah jaringan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Kalian menu ‘Pengaturan’ di HP Samsung kalian.
  • Scroll ke bawah dan pilih menu ‘Manajemen umum’, lalu pilih ‘Reset’.
  • Di bagian tersebut, ada beberapa pilihan reset, mulai dari ‘Reset Pengaturan’ sampai ‘Reset data pabrik’. Untuk menghapus setelan jaringan, kalian pilih ‘Reset Pengaturan Jaringan’.
  • Kemudian, kalian pilih ‘Reset Pengaturan’.
  • Tunggu sampai proses reset jaringan selesai dilakukan.
  • Selesai.

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian. Sekian yang bisa kami sampaikan terkait penyebab dan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Samsung.

Jangan lupa mampir ke web kami dan terima kasih sudah berkunjung ke lapak kami.