Cara Mengatasi Laptop Freeze OS Windows 10 & 11

Flinsetyadi.com – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi laptop freeze atau ngehang di OS windows 10 & 11. Nah reders selalian, pembahasan kita kali ini masuk ke kategori teknologi dan informasi ya. Untuk kalian para pengguna laptop windows 10 & 11 yang suka ngefreeze, yuk simak penjelasan kami.

Seperti yang kita tahu bahwa laptop menjadi salah satu benda dengan mengembangkan kepentingan teknologi dan informasi seperti HP ya. Juga masuk ke salah satu benda elektronik yang paling dekat dengan kegiatan sehari-hari sebagian orang. Karena laptop ini tak hanya bisa kita gunakan sebagai alat komunikasi, media sosial, mencari informasi. Namun kalian juga bisa mengerjakan suatu pekerjaan atau membuat dokumen yang memang lebih mudah dan tersedia di laptop ya.

Nah, namun pernah gak sih kalian mengalami kendala atau gangguan di tengah-tengah mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan di laptop. Kami yakin ya, sebagian besar orang yang sudah pernah menggunakan laptop pasti pernah megalamai kendala di tengah-tengah pengaplikasian. Ntah itu error, tiba-tiba lemot, nge-freeze, bahkan sampai terkena virus dan kerusakan ya. Tentunya hal tersebut akan merugikan dan membuang waktu kita, apalagi di saat genting dan harus cepat selesai ya.

Nah, di sini kita akan membahas salah satu masalah yang paling sering di alami oleh kalian para pengguna ya. Yaitu laptop kalian yang tiba-tiba ngefreeze atau tidak bisa di gerakkan. Kami akan membahas mengapa hal ini bisa terjadi dan akan kami berikan solusi serta cara kalian dalam mengatasinya. Yuk simak bagaimana cara mengatasi laptop freeze di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Mengatasi Laptop Freeze Windows 10 & 11

Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 10 & 11

Nah readers para pengguna laptop windows 10 & 11 khususnya. Setelah ini akan kami berikan informasi kepada kalian mengenai laptop ngehang atau freeze ini ya. Akan kami berikan informasi terkait dan kalian bisa menyimak dan mencobanya secara langsung. Yuk, simak penjelasan kami.

Penyebab Laptop Freeze / Ngehang

Penyebab Laptop Freeze /  Ngehang

Sebelum kita ke informasi inti mengenai bagaimana cara mengatasi laptop yang ngefreeze. Kita akan membahas terlebih dahulu apa saja penyebab dari hal ini ya. Agar kalian bisa menghindari masalah terulang kembali. Berikut beberapa hal yang bisa kalian perhatikan.

  • Pertama adalah Laptop yang overheating – Masalah ini sering terjadi jika kalian sudah mengoperasikan laptop dengan jangka waktu yang cukup lama. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa laptop kalian akan mengalami peningkatan suhu dengan persentase yang tinggi. Hal ini dapat menimbulkan kendala error.
  • Kedua yaitu Spesifikasi laptop yang rendah – Tak sedikit konsumen atau pemakai laptop yang menuntut perangkat mereka untuk melebihi batasnya. Seperti laptop dengan RAM 2GB memang bisa menginstall Windows 10, namun tidak akan berjalan dengan optimal ketika di gunakan. Perlu diingat bahwa minimum RAM yang di gunakan setidaknya 4GB ke atas.
  • Ketiga, kerusakan pada driver – Ketika driver sedang bermasalah, maka tak heran akan ada beberapa komponen di dalam yang akan terkena dampaknya. Selain itu, driver ini berfungsi sebagai jembatan antara program aplikasi dengan sistem.
  • Keempat, Multitasking yang berlebihan – Ketika kalian menjalankan banyak program aplikasi atau situs, maka akan membuat kinerja RAM dan CPU terbebani. Lebih lagi jika kalian menggunakan untuk program berat seperti game,serta aplikasi edit foto atau edit video.
  • Kelima, Terkena virus atau malware – Virus atau malware tak jarang bisa menyebabkan laptop Windows menjadi hang, lemot, atau ngefreeze ya. Hal ini terjadi karena virus dapat mengubah sampai menghapus file sistem dan aplikasi yang ada di dalamnya.
  • Keenam, Terdapat bugs dalam program – Jika masalah hang atau freeze ini terjadi ketika kalian memakai aplikasi tertentu, maka terdapat kemungkinan jika program tersebut terdapat bugs. Kalian bisa melakukan update atau reinstall dengan tujuan memperbaikinya.

Nah di atas ini enam penyebab dari banyaknya penyebab lain yang bisa memunculkan masalah-masalah pada laptop khususnya freeze ya. Kalian bisa memperhatikan dan lebih menjaga serta merawat laptop kalian dengan seksama. Setelah ini akan kami berikan cara untuk mengatasi laptop freeze untuk kalian.

Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Ngehang

Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Ngehang

Nah readers sekalian, setelah kalian memahami penyebab dari laptop kalian yang bisa ngehang atau freeze maka berikutnya yakni cara mengatasi. Maka sekarang akan kami berikan beberapa cara untuk kalian yang sudah atau sedang mengalami masalah laptop ngefreeze ya. Berikut beberapa cara yang bisa kalian simak dan coba.

1. Restart Laptop Kalian

Cara pertama yang bisa kalian coba adalah dengan cara me-restart laptop kalian masing-masing ya. Cara ini merupakan cara yang paling umum dan paling banyak di lakukan oleh orang-orang ketika mendapati masalah pada laptop seperti lemot, ngehang atau ngefreeze ya. Jadi kalian bisa mencoba cara pertama ini dan pastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada dokumen atau pekerjaan yang sedang dikerjakan hilang jika laptop di restart ya.

Caranyapun cukup simple dengan mengklik tombol seperti biasa ketika kalian ingin men-shut down, restart, atau sleep ya. Namun, silahkan kalin memilih menu atau pilihan restart laptop. Jika dikira cara ini belum berhasil, kalian bisa mencoba ke cara selanjutnya.

Baca Juga :

Use Case Diagram Lengkap dengan Contohnya – Flin Setyadi

Sequence Diagram Dalam Pemodelan Perangkat Lunak – Flin Setyadi

Convert Pulsa Menjadi Uang Terpecaya “Viapulsa” – Flin Setyadi

2. Kurangi Aktivitas Multitasking

Cara kedua yang perlu kalian perhatikan agar laptop kalian tidak megalami lemot atau freeze adalah dengan mengurangi aktivitas multitasking. Jadi yang dimaksud dengan aktivitas multitasking ini adalah, kalian membuka atau mengerjakan suatu pekerjaan semua dalam satu waktu. Contohnya, kalian membuka banyak situs web, kemudian membuka banyak dokumen, disambil dengan membuka exel atau word, dan kalian sambil dengan mengedit video. Hal tersebut akan membuat laptop bingung harus mengoperasikan yang mana terlebih dahulu dan ujung-ujungnya akan lemot bahkan nge-freeze ya.

Karena semakin banyak program yang kalian jalankan, maka sumber daya perangkat dan sistem akan terbagi-bagi. Inilah yang membuat resource RAM dan CPU menjadi terbebani dan dapat menyebabkan respons perangkat melambat secara signifikan. Jadi, jika kalian ingin mnegerjakan sesuatu, maka selesaikanlah secara bertahap dan satu-satu ya. Tidak langsung banyak dan malah membuat laptop kalian panas dan ngehang.

3. Memasikan Bahwa Driver Tidak Bermasalah

Cara ketiga yang bisa kalian coba dan d iperhatikan adalah dengan memastikan bahwa driver tidak bermasalah di Laptop ngehang ya. Karena jika driver kalian error, maka akan ada kemungkinan yang menyebabkan laptop kalian nge-freeze, lemot, ataupun hang ya. Berikut kami berikan langkah-langkah mengeceknya.

  • Pertama-tama, silahkan kalian klik pada bagian kanan menu ‘Start menu Windows’, kemudian kalian pilih menu ‘Device Manager’.
  • Selanjutnya, silahkan kalian klik pada bagian driver yang bermasalah, lalu klik kanan pada ‘driver’ yang perlu di update.
  • Kemudian, silahkan kalian pilih menu ‘Search automatically for drivers’.
  • Maka laptop kalian akan melakukan proses pencarian dan instalasi driver. Jika sudah berhasil, silakan kalian klik menu ‘Close’.
  • Terakhir, kalian coba restart laptop kalian dan silahkan lihat perubahannya.
  • Selesai.

Nah readers, di atas ini merupakan cara dan langkah jika laptop ngehang ya. Perlu di perhatikan bahwa utamakan untuk kalian cek di bagian driver Network, driver Display (VGA), driver BIOS dan driver Processor. Hal tersebut dilakukan karena komponen tersebutlah yang memiliki tingkat kemungkinan terbesar atas masalah ini. Tekadang jika driver bermasalah, maka di tandai dengan ikon warna kuning pada driver.

4. Jalankan Windows Update

Cara terakhir mengatasi Laptop Freeze yang bisa kami berikan adalah dnegan menjalankan windows update ya. Hal ini bisa kalian coba lakukan agar laptop kalian mendapatkan fitur terbaru, perbaikan bugs dari versi sebelumnya, peningkatan performa, serta stabilitas dan keamanan. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

  • Pertama-tama, silahkan kalian klik ‘Start menu’, lalu menu ‘Settings’, dan klik menu ‘Update & Security’, kemudian ke menu ‘Windows Update’.
  • Selanjutnya, silahkan kalian klik pada menu ‘Check for updates’ untuk melihat ketersediaan Windows versi terbaru.
  • Kemudian jika ada, silakan kalian lakukan update sampai selesai.
  • Selesai.

Nah readers sekalian, di atas ini merupakan beberapa cara dari banyaknya cara untuk mengatasi laptop freeze ya. Seperti dengan menjalankan pemindai antivirus, perintah check disk, system file cheker, sampai kalian harus cek ruang penyimpanan ya. Hal tersebut juga bisa kalian atasi dengan memindai dari aspek penyebab yang telah kami berikan sebelumnya ya. Apakah laptop kalian sudah terbebas dari beberapa penyebab laptop bisa hang, freeze, bahkan error dan rusak ya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi Termudah

Akhri Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian. Di atas tadi merupakan informasi terkait cara mengatasi laptop freeze atau ngehang dan juga penyebabnya ya.

Namun jika kalian masih belum mendapatka solusi dari artikel kami, silahkan kunjungi forum microsoft yang membantu mengatasi masalah laptop ngehang atau freeze dengan klik di sini.

Jangan lupa mampir ke web kami untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat. Mohon maaf jika menemukan kesalahan dan terima kasih.