Akun Google Dinonaktifkan? Ini Penyebab dan Solusi nya

Akun Google Dinonaktifkan – Saat ini, hampir semua orang telah memiliki akun Google atau Gmail. Bagaimana tidak, di zaman yang serba online ini, sebagian besar aktivitasnya mengharuskan penggunanya memiliki akun sebagai tanda registrasi untuk masuk ke suatu layanan atau aplikasi.

Tanpa akun Google tersebut, kamu tidak akan bisa mengakses berbagai layanan atau aplikasi tersebut. Karena, kebanyakan hal-hal tersebut akan meminta akun Google sebelum digunakan untuk mendaftarkanmu sebagai penggunanya.

Misalnya, pada aplikasi YouTube, Google Meet, Shopee dan masih banyak lagi. Ketika kamu ingin menggunakannya untuk yang pertama kali, kamu akan diminta untuk memasukkan akun Googlemu.

Bahkan, pada beberapa orang terutama pekerja dan pebisnis online akan membuat lebih dari 1 akun Google untuk memisahkan antara akun pribadi dan akun bisnis agar pekerjaanya menjadi lebih mudah.

Namun, akun Google yang kamu gunakan juga bisa dinonaktifkan dan membuatnya tidak bisa digunakan. Jika hal itu terjadi pada akun Googlemu secara tiba-tiba, kamu perlu mencari tahu penyebabnya dan cara untuk mengatasinya. Berikut penjelasannya :

Baca juga: Cara Mencari dan Membuka Email Arsip di Gmail

Penyebab Akun Google Dinonaktifkan

Penyebab Akun Google Dinonaktifkan

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan akun google dinonaktifkan secara tiba-tiba. Berikut penyebabnya :

  1. Pelanggaran Komunitas
  2. Aktifitas Mencurigakan
  3. Dianggap Spam
  4. Plagiarisme
  5. Penipuan
  6. Konten Tidak pantas

Beberapa pelanggaran diatas biasanya terjadi karena akun Google mu dilaporkan oleh beberapa orang dengan alasan yang sama. Atau, kamu tidak sengaja menekan tombol yang menyebabkan salah satu atau beberapa poin diatas menjadi alasan akun Gmail menjadi dinonaktifkan.

Baca Juga:

Cara Menonaktifkan Facebook Secara Sementara

Solusi Untuk Mengatasi Akun Google Yang Dinonaktifkan

Solusi Untuk Mengatasi Akun Google Yang Dinonaktifkan

Ketika akun Gmail dinonaktifkan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkannya. Asalkan kamu mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Berikut penjelasannya :

1. Cara Mengatasi Akun Google Yang Dinonaktifkan Sementara

Selain karena melakukan pelanggaran, bisa saja akun google dinonaktifkan secara otomatis untuk sementara waktu. Biasanya hal itu terjadi karena akun dianggap tidak pantas atau jarang dipakai.

Namun kamu jangan khawatir, karena biasanya akan ada pemberitahuan terlebih dahulu ke akunmu. Berikut cara mengatasinya :

  • Buka Gmail lalu login menggunakan akun yang kamu miliki
  • Akan muncul notifikasi yang berisi pemberitahuan bahwa akunmu dinonaktifkan sementara. Kemudian, kamu akan diminta menuliskan nomor ponsel yang aktif pada kolom yang tersedia
  • Setelah dipastikan benar, tekan tombol yang ada untuk mengonfirmasi dan tunggu hingga pihak Google mengirim SMS yang berisi kode verifikasi ke nomor tersebut
  • Masukkan kode verifikasi yang kamu dapat ke kolom yang tersedia dan tunggu hingga proses pemulihan akunmu selesai

2. Cara Mengembalikan Akun Google Karena Pelanggaran

Jika akun Google atau Gmail mu dinonaktifkan karena melakukan pelanggaran, jangan buru-buru membuat akun baru. Karena akun tersebut masih bisa dipakai. Berikut langkah-langkah untuk memulihkan akun Google atau Gmail:

  • Buka laman Google
  • Klik tanda titik tiga di pojok kanan atas layar
  • Tekan menu ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Akun’
  • Pada halaman selanjutnya, klik ‘Ubah Opsi Pemulihan Sandi’ yang ada pada bagian ‘Ubah Setelan Akun’
  • Masukkan sandi dan email atau nomor pemulihan yang kamu gunakan pada akun tersebut pada kolom yang tersedia
  • Setelah memastikan semuanya benar, klik ‘Simpan’

Baca Juga:

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen dan Benar

Akhir Kata

Demikianlah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi akun google atau Gmail yang dinonaktifkan. Baik yang dinonaktifkan untuk sementara atau karena akunmu terindikasi melakukan pelanggaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih telah berkunjung ke flin setyadi.