Mengembalikan Foto Terhapus Permanen di HP

Mengembalikan Foto Terhapus Permanen di HP- Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas bagimana cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP ya. Nah readers sekalia, pembahasan kita kali ini masih seputar gadget ya. Jika pembahasan sebelumnya kita ada membahas cara mengembalikan file yang terhapus di laptop, maka sekarang kita akan membahas foto yang terhapus di HP.

Seperti yang kita tahu bahwa HP sudah menjadi salah satu barang dan alat elektronik yang paling dekat dengan kita ya. Hp ini memang membantu dan sangat bermanfaat untuk kegiatan kita sehari-hari jika di gunakan secara benar dan efektif ya. Tak hanya sebagai alat komunikasi jarang jauh, dengan menggunakan HP kita juga bisa berjejaring sosial, bermain game, mencari informasi, berfoto, bahkan menghasilkan uang ya melalui HP ini. Maka tak heran jika orang-orang akan panik ataupun kesusahan jika HP tidak berada dalam jangkauan terdekat.

Nah, pembahasan kita kali ini lebih terkhusus ke bagian foto di HP ya. Keunggulan HP yang banyak di incar oleh orang-orang khususnya kaum cewe-cewe ataupun fotografer terkadang juga melihat dari fitur cameranya ya. Karena di fitur ini akan menentukan bagaimana foto yang akan di dapatkan saat di simpan ke galeri ya. Karena suatu momen yang dapat kita abadikan melalui foto ataupun video, maka dari itu foto akan terasa sangat penting bagi sebagian orang.

Nah lantas bagaimana jika kita tidak sengaja atau ingin mengembalikan foto yang sudah terhapus di galeri kita. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan foto itu kembali. Nah, setelah ini akan kami berikan bagaimana cara dan solusi untuk mengembalikan foto terhapus permanen di HP ya. Yuk, simak penjelasan kami sampai selesai di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Paling Ampuh

Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di HP

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di HP

Nah untuk kalian yang ingin mengembalikan foto terhapus permanen di HP dengan mudah dan cepat. Maka kalian bisa mencoba beberapa cara yang akan kami berikan di bawah ini ya. Simak terus penjelasan kami sampai selesai ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

1. Mengembalikan Foto Terhapus Melalui Google Photo

Cara pertama yang bisa kalian coba untuk mengembalikan foto terhapus permanen di HP adalah dengan melalui Google Photo ya. Cara ini merupakan cara tanpa menggunakan aplikasi, walaupun terkadang ada yng dalam bentuk aplikasi namuan sudha terpasang otomatis di HP kalian. Dengan cara ini di kenal cara yang paling ampuh karena foto akan tersimpan di google photo dan akan terhapus otomatis ketika sudah 60 hari. Tetapi kalian harus mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi dari layanan Google Photos terlebih dahulu ya.

Berikut langkah-langkah yang bisa kalian coba dan kalian ikuti secara perlahan :

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka aplikasi Google Photos atau Photos di HP kalian masing-masing.
  • Selanjuntnya, silahkan kalian klik ikon garis tiga yang terletak di bagian sudut kiri atas halaman.
  • Kemudian, silahkan kalian klik ikon tempat sampah (opsi Trash atau Sampah).
  • Silahkan kalian pilih foto yang ingin kalian pulihkan dengan cara klik dan tahan beberapa saat sampai tanda centang muncul.
  • Kalian klik ikon tanda panah melingkar (opsi Recovery atau Pulihkan) yang terletak di bagian atas halaman.
  • Terakhir, kalian hanya tinggal tunggu prosesnya, dan foto kalian sudah berhasil dipulihkan dan kembali ke galeri HP kalian. Kalian bisa langsung cek ke galeri ya.
  • Selesai.

Nah di atas ini merupakan beberapa cara untuk kalian yang ingin mengembalikan foto yang terhapus melalui google photos ya. Cara ini sudah di coba oleh banyak orang dan di percaya ampuh dalam mengembalikan foto kalian ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga :

Cara Mengirim File Dari iPhone ke Laptop Paling Mudah – Flin Setyadi

Cara Agar Discord Tidak Terbuka Otomatis Paling Mudah – Flin Setyadi

SIM Card Tidak Terbaca? Ini Penyebab & Cara Mengatasi – Flin Setyadi

2. Menggunakan Aplikasi

Cara kedua untuk mengembalikan foto terhapus permanen di HP yaitu dengan menggunakan aplikasi ya. Tetapi lebih baik jika menggunakan aplikasi, kalian sudah melewati proses rooting. Proses rooting adalah salah satu cara untuk mendapat kebebasan lebih dalam mengatur serta memodifikasi HP sesuai kemauan tanpa halangan. Akan tetapi, jika kalian tidak memahami cara penggunaan rooting ini bisa menimbulkan beberapa kerusakan permanen pada HP, merusak sistem, diserang virus, dan lain sebagainya.

Maka dari itu kalian diharapkan melakukan rooting terlebih dahulu. Namun untuk kalian yang sudah melakukan rooting, maka kalian bisa mencoba cara ini. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

  • Pertama-tama, silahkan kalian menginstal atau mengunduh aplikasi untuk mengembalikan foto kalian. Beberapa dari aplikasi tersebut ada yang berbayar, namun tidak sedikit juga yang bisa kalian instal secara gratis. Contoh aplikasi yang bisa kalian gunakan seperti DigDeep Image Recovery, DiskDigger Photo Recovery, dan Photo Recovery – Restore Image.
  • Selanjtnya, silahkan kalian pilih bagian full scan, dan kalian pilih untuk melakukan scanning di internal storage untuk mencari foto-foto yang sudah terhapus. Kalian dapat memilih format file PNG atau JPG. Format tersebut biasanya merupakan format yang paling umum di gunakan untuk menyimpan foto.
  • Tak hanya itu, aplikasi tersebut akan memindai HP kalian untuk mencari dan menemukan foto-foto yang sebelumnya tidak sengaja terhapus atau foto yang ingin kalian kembalikan. Akan ada kemungkinan jika kalian akan menemukan ratusan foto lain yang sebelumnya juga pernah terhapus. Kalian dapat melakukan filter, seperti filter ukuran foto atau tanggal pengambilan foto untuk memudahkan penncarian foto spesifik yang ingin kalian kembalikan.
  • Terakhir, jika kalian sudah menemukan foto yang hilang, foto tersebut bisa kalian recover atau kalian pulihkan, serta kalian simpan di tempat penyimpanan yang biasa kalian gunakan untuk menyimpan foto seperti galeri atau di dalam folder DCIM atau Digital Camera Images ya.
  • Selesai.

Nah para pembaca sekalian, di atas ini merupakan langkah-langkah untuk kalian mengembalikan foto melalui aplikasi ya. Kalian harus berhati-hati dan memperhatikan kembali beberapa hal yang harus diperhatikan seperti rooting dan lainnya. Hal ini agar kalian tidak mendapatkan masalah atau kerusakan di HP kalian masing-masing. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

3. Menggunakan iTunes

Cara ketiga dalam mengembalikan foto terhapus permanen di HP ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi iTunes ya. Aplikasi iTunes ini sebenarnya wajib kalian miliki bagi para pengguna iPhone, iPad, ataupun iPod. Karena data-data kalian akan otomatis tercadangkan di dalam aplikasi ini salah satunya foto kalian ya. Berikut kami berikan langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

  • Pertama-tama, silahkan kalian nonaktifkan fitur ‘Cari iPhone Sayaatau Find My iPhone dari bagian Pengaturan’, kemudian ke akun iCloud dan Find My iPhone atau Cari iPhone Saya.
  • Selanjutnya, silahkan kalian sambungkan iPhone kalian ke laptop atau komputer dan kalian buka aplikasi iTunes. Jika belum kalian isntal, silahkan instal terlebih dahulu.
  • Kemudian pada menu ‘Backups’ di aplikasi iTunes, silahkan kalian klik menu ‘Restore Backup’.
  • Kalian bisa mengikuti prosesnya hingga selesai ya. Kalian pilih foto mana yang ingin kalian pulihkan.
  • Selesai.

Nah readers sekalian, di atas ini merupakan cara mengembalikan foto melalui aplikasi iTunes ya. Kalian bisa mencoba cara ini dengan seksama dan perlahan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

4. Memeriksa Folder Penyimpanan Yang Baru Dihapus

Cara terakhir ini merupakan cara yang bisa kalian lakukan ketika kalian belum menghapus permanen sama sekali ya. Biasanya di galeri HP kalian akan ada tempat semacam folder yang khusus untuk foto yang baru di hapus. Folder ini akan menghapus foto secara permanen pada hari ke-30 ya. Jadi sebelum 30 hari, kalian bisa memulihkan foto-foto yang baru saja kalian hapus ini asalkan di manajer file, kalian tidak menghapus foto-foto tersebut secara permanen ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga: Cara Recovery Flashdisk Yang Terkena Virus Paling Ampuh

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian. Di atas tadi merupakan beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengembalikan foto terhapus permanen di HP kalian ya. Kalian perlu memperhatikan mana langkah yang mudah sampai langkah yang sulit agar tidak menimbulkan masalah atau kerusakan HP ya.

Jangan lupa untuk mampir ke web kami untuk mendapatkan informasi menarik dan pastinya bermanfaat lainnya ya. Mulai dari kategori gadget, media sosial, bisnis, fintech, informatika, dan kategori menarik lainnya. Mohon maaf jika kalian menemukan kesalahan atau kekeliruan dan terima kasih sudah mampir ke lapak kami. See youu.