Cara Membuat Watermark di Halaman Word Terlengkap

Cara Membuat Watermark di Word – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat watermark di halaman word. Nah para readeare sekalian, pembahasan kita kali ini akan seputar informasi dan informatika ya. Akan berhubungan dengan komputer ataupun laptop, khususnya yaitu pada fitur Microsoft Word yang tersedia.

Nah para pembaca sekalian, sebelum kita masuk ke pembahasan inti. Apakah kalian sudah mengetahui apa itu watermark ya? watermark ini bisa kita sebut sebagai background ataupun latar di sebuah halaman. Biasanya bisa berupa logo, kata-kata, ataupun tulisan yang diinginkan. Watermark ini biasanya akan di cantumkan pada berkas atau dokumen-dokumen resmi agar terbukti kepemilikannya dan tidak mudah di copy paste ya.

Biasanya watermark ini bisa di temukan pada skripsi, dokumen perusahaan, ataupun dokumen lain yang sekiranya memiliki kepemilikan yang kuat agar tidak mudah di jiplak sembarang orang ya. Namun, watermark ini juga bisa kita cantumkan pada sesuatu yang tidak resmi ya. Bisa hanya sebagai hiasan ataupun suatu keterangan yang ingin di kuatkan sebelum di lihat banyak orang.

Nah, lantas bagaimana ya cara membuat watermark ini, khususnya ketika kita ingin membuatnya melalui word. Biasanya cara ini akan di incar oleh mahasiswa ya dan juga para pekerja yang baru terjun di sebuah pekerjaan. Tenag, setelah ini akan kami berikan informasi lengkapnya mengenai bagaimana cara membuat watermark ini di microsoft word kalian. Yuk, di simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 4 Cara Mengubah Word ke PDF Tanpa Ribet

Membuat Watermark di Halaman Word

Cara Membuat Watermark di Halaman Word

Nah para pembaca sekalian, setelah ini akan kami berikan beberapa informasi seputar watermark ini ya. Mulai dari watermark teks dan gambar, dan juga cara membuat watermark untuk berbagai jenis microsoft word. Yuk di simak penjelasan kami di bawah ini secara seksama.

Membuat Watermark Di Microsoft Word Windows 2010

Cara pertama yang akan kami berikan kepada kalian adalah untuk kalian para pengguna Laptop dengan Windows 2010. Nah untuk kalia yang merasa menggunakan laptop dengan jenis ini, kalian bisa menyimak penjelasan kami ya. Selamat menyimak dan selamat mecoba.

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka dokumen atau halaman yang akan di beri watermark.
  • Selanjutnya, pada bagian menu ‘tab ribbon’ Ms. Word, silahkan kalian klik “page layout”.
  • Kemudian, pada bagian “page background” group kalian akan melihat fitur atau ikon watermark, silahkan kalian klik.
  • Nah pada fitur tersebut, akan tersedia watermark default seperti “confidental” atau “do not copy”.
  • PSilahkan kalian plih salah satu watermark tersebut, atau kalian juga dapat membuat watermarkmu sendiri (custom) yang cara-caranya akan di jelaskan nanti.
  • Terakhir, dokumen atau halaman yang di buat kini sudah tertera watermark atau marka air sebagai penanda.
  • Selesai.

Nah, untuk kalian para pengguna Microsoft Word dengan laptop jenis Windows 2010, di atas ini merupakan langkah-langkah untuk membuat watermark ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Membuat Watermark Di Microsoft Word Windows 2013 dan 2016

Nah readers sekalian, jika sebelumnya untuk kalian para pengguna windows 2010. Maka setelah ini akan kami berikan penjelasan pembuatan watermark untuk kalian para pengguna Windows 2013 dan 2016. Berikut langkah-langkahnya.

  • Hanya sedikit berbeda dengan Word Windows 2010, setelah menentukan dan membuka dokumen yang akan di beri watermark, silahkan kalian pilih dan klik bagian tab “design”
  • Selanjutnya, setelah dari jendela “design” terbuka, kalian hanya perlu memilih fitur watermark.
  • Sama halnya seperti di Microsoft Word 2010, kalian akan menemukan beberapa watermark default yang tersedia, seperti tulisan “confidental” dan “do not copy”. Silahkan kalian pilih watermark yang kalian inginkan.
  • Terakhir, watermark telah tercantum pada dokumen.
  • Selesai.

Nah, di atas ini merupakan cara dan langkah-langkah untuk membuat watermark untuk kalian para pengguna Microsoft Word Windows 2013 dan 2016 ya. Semoga cara di atas dapat membantu kalian ya. Setelah ini akan kami berikan langkah detail untuk membuat watermark di word ya. Yuk, terus simak penjelasan kami di bawah ini.

Baca Juga :

3 Cara Mengubah PDF ke Word Secara Praktis Tanpa Ribet- Flin Setyadi

Cara Mudah Menggabungkan File Word Online & Offline – Flin Setyadi

Convert Pulsa Menjadi Uang Terpecaya “Viapulsa” – Flin Setyadi

Membuat Watermark Tulisan di Word

Berikut akan kami sampaikan secara detail bagaimana membuat watermark di dokumen atau halaman word ya. Untuk kalian yang masih penasaran dan ingin tahu bagaimana membuatnya. Berikut kami berikan langkah-langkahnya. Selamat menyimak.

  • Pertma-tama, silahkan kalian buka aplikasi Microsoft Word atau dokumen yang ingin kalian beri marka atau watermark ya.
  • Selanjutnya, pada bagian atas Miccrosoft Word, akan di temukan tab ribbon dengan nama “design”. Silahkan kalian kklik ribbon “design”
  • Silahkan kalian arahkan kursor ke icon “watermark” kemudian klik.
  • Kemudian, setelah fitur “watermark” terbuka, silahkan kalian pilih “custom watermark” yang bertujuan untuk membuat tulisan watermark pada dokumen atau halaman word.
  • Pada bagian fitur tersebut, akan terbuka jendela menu “printed watermark”. Silahkan kalian klik pada bagian “text watermark”.
  • Nah, di bagian kolom “text watermark” ini, akan terdapat pilihan bahasa (language), tulisan (text), ukuran tulisan (size), jenis tulisan (font), dan warna (colour). Text watermark tersebut dapat kalian atur dan sesuaikan dengan tulisan yang kalian inginkan.
  • Kalian juga dapat mengatur transparansi dan ketebalan dari tulisan watermark yang akan kalian buat dengan mengosongkan kolom (uncheck“semitransparent”.
  • Selanjtnya, dari langkah tadi yang kalian mengatur kolom tersebut, silahkan klik ”OK”.
  • Nah, watermark berupa tulisan telah selesai di buat dan sudah tertera di halaman word kalian.
  • Selesai.

Nah, langkah-langkah di atas ini merupakan cara yang lebih detail ya dalam membuat watermark di word kalian masing-masing. Untuk kalian yang ingin membuat watermark tulisa, cocok banget nih untuk ngikutin cara di atas ini. Setelah ini akan kami berikan langkah untuk membyat watermark gambar di word kalian ya.

Membuat Watermark Gambar di Word

Jika sebelumnya, cara membuat watermark berupa tulisan. Di bawha ini akan kami berikan watermark berupa gambar ya. Biasanya gambar yang di cantumkan adalah berupa logo dan sebaginya. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, silahkan kalian pilih dokumen yang akan kalian beri watermark, dan bukalah pada aplikasi Microsoft Word.
  • Selanjutnya, silahkan kalian buka tab ribbon “design” yang tersedia pada bagian atas fitur Microsoft Word.
  • Kemudian, silahkan kalian cari dan klik pada icon atau menu “watermark”. Setelah fitur tersebut menampilkan display, maka kalian pilihlah “custom watermark”.
  • Di jendela tersebut akan terdapat pilihan “picture watermark”. Kalian bisa klik bagian tersebut ya.
  • Kalian dapat memilih gambar atau logo yang akan kalian cantumkan pada dokumen sebagai watermark dengan mengklik kolom “select picture”.
  • Setelah kalian memilih kolom “select picture”. Kalian akan menemukan jendela atau source asal dari gambar atau logo yang akan kalian gunakan. Jika gambar tersebut berasal dari file komputer kalia, maka kalian pilihlah “from a file”.
  • Selanjutnya, silakan kalian pilih gambar dari file komputer. Kemudian klik “insert”.
  • Kamu dapat mengatur skala gambar pada kolom “scale” sesuai yang kalian inginkan.
  • Terakhir, silahkan kalian klik “ok” untuk menyelesaikan pembuatan watermark.
  • Selsai.

Nah readers sekalian, di atas ini merupakan langkah-langkah dalam membuat watermark gambar ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Watermark Pada Halaman Tertentu

Jika sebelumnya kalian sudah tahu untuk membuat watermark tulisan dan gambar di Microsoft Word. Maka setelah ini akan kami berikan langkah untuk membuat watermark di halaman tertentu. Berikut akan kami berikan langkah untuk membuat watermark di halaman tertentu ya.

  • Pertama, Membuat section break. Cara pertama yang bisa kalian terapkan ialah dengan menggunakan menu atau fitur section break. Silahkan kalian klik pada menu “page layout”. Pada bagian tab ribbon Microsoft Word, kemudian kalian pilih ‘page set up‘. Selanjutnya, pada jendela ‘page set up‘ tersebut kalian dapat mengatur halaman yang akan kalian beri watermark dengan cara klik ‘breaks‘ dan ‘next page‘ (yang terdapat pada bagian menu section break).
  • Kedua, dengan menggunakan pengaturan pada Header and Footer. Kalian juga dapat membuat watermark pada halaman tertentu yang kalian inginkan dengan menggunakan pengaturan fitur ‘header and footer’. Kalian bisa menjalankannya dengan menggunakan jendela “Navigation”. Selanjutnya, silahkan kalian matikan atau nonaktifkan “link to previous”.

Langkah di atas ini juga akan berlaku untuk kalian yang hanya ingin membuat watermark di satu halaman saja ya. Kalian dapat memilih di antara dua cara di atas mana yang menurut kalian lebih mudah dan cepat. Selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Gabungkan File Word dengan Mudah dan Praktis

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian, demikianlah penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai cara membuat watermark di Microsoft Word. Jangan lupa mampir ke web kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnnya. Terima kasih.