Speaker HP Kena Air? Berikut Solusi Paling Ampuh

Speaker HP Kena Air – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas bagaimana Cara mengatasi speaker HP kena air. Nah para readers sekalian, pebahasan kita kali ini masih seputar gadget ya. Kali ini kita akan membahas dan megatasi salah satu masalah yang bisa terjadi di speaker Hp kita ya.

Seperti yang kita tahu bahwa handphone menjadi salah satu benda elektronik yang penting di kegiatan sehari-hari. Apalagi di zaman sekarang yang hampir semua bisa di handle dan mengandalkan HP sebagai alat komunikasi jarang jauh. Semakin berkembangnya waktu dan zaman, HP ini sudah banyak mengalami perubahan dari segi bentuk maumun segi fitur dan fungsi.

Jika zaman dulu Hp masih berbentuk besar, namun sekarang bentuk Hp sudah lebih praktis dan mudah di bawa kemana-mana ya. Tak hanya itu, sudah banyak fungsi yang dikembangkan dan di perbahrui sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Fitur di dalam Hp tersebut juga menjadi salah satu pelengkap yang membuat kita semakin mudah dan nyaman dalam menggunakan Hp ini ya. Salah satu fungsi yang semakin berkembang adalah dari segi speaker HP ya.

Karena Hp ini terkadang di abwa kemana-mana, jadi tak dapat dipungkiri ya. Akan ada beberapa kejadian yang bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti speaker Hp yang kena air. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena akan ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini sebelum kalian ke konter Hp jika parah. Yuk simak penjelasan kami di bawah ini, selamat menyimak.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Beserta Penyebabnya

Mengatasi Speaker HP Kena Air

Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air

Nah para pebaca flin setyadi sekalian, untuk kalian yang mengalami masalah speaker HP kena air ini. Kalian bisa mencoba beberapa hal yang akan kami berikan di bawah ini ya. Cara ini bisa kalian lakukan sebelum kalian membawa Hp ke servis jika memang speaker benar-benar tidak bisa kembali ya. Berikut beberapa cara yang akan kami berikan, selamat menyimak.

1. Cek Speaker Hp Kalian

Cara pertama yang kami sarankan jika speaker HP kalian kena air adalah dengan mengeceknya terlebih dahulu. Cobalah kalian mengecek speaker dengan cara menaikkan volume speaker hp kalian. Atur volume sampai maksimal dan kalian juga bisa mengeceknya menggunakan lagu atau suatu rekaman.

Hal ini dilakukan agar kita tahu seberapa besar kerusakan speaker atau seberapa banyak air yang kira-kira masuk ke dalam hp. Perhatikan dan dengarkan secara seksama getaran Hp yang terjadi, jika suara terdengar tidak normal maka kemungkinan ada banyaknya air yang masuk. Getaran ini juga bisa menjadi identifikasi jika speaker kalian benar-benar kena air.

2. Coba Gunakan Test Speaker

Cara kedua yang kami sarankan jika HP kemasukan air adalah dengan menggunakan test speaker. Jika sebelumnya kalian mengecek secara manual maka cara kedua ini bisa menggunakan salah satu aplikasi atau fitur ya. Kalian bisa mendownloadnya di play store. Berikut akan kami berikan langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka aplikasi Spekar Cleaner di play store.
  • Selanjutnya. Setelah kalian buka, silakan kalian klik opsi Clean Speaker.
  • Kemudian kalian letakkan HP dengan posisi layar di bawah.
  • Kalian tunggu tnggal tunggu prosesnya berjalan.
  • Jika sudah selesai, restart perangkat kalian.
  • Ulangi langkah di atas hingga speaker normal.
  • Selesai.

Nah di atas ini merupakan cara untuk mengecek speaker hp menggunakan aplikasi ya. Silahkan kalian coba secara perlahan dan aplikasikan secara benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

3. Mengeringkan di Bawah Sinar Matahari

Cara ketiga yang bisa kalian lakukan ketika speaker HP kalian kena air adalah dengan cara mengeringkannya di bawah sinar matahari. Sebelum kalian jemur, silahkan kalian lap terlebih dahulu menggunaka kain ataupun tisu. Agar mengeringkan bagian luar hp terlebih dahulu.

Sebelum itu silahkan kalian buka komponen hp seperti baterai, kartu, atau lainnya jika Hp kalian merupakan Hp bongkar pasang. Namun jika Hp kalian jenis baterai all komponen, maka kalian langsung bisa menjemur hp dengan bagian layar terletak di bawha ya. Jika Hp kalian jenis komponen lepas, maka baterai dan kartu lainnya ikut di jemur di bawah sinar matahari.

Di anjurkan menjemur jangan saat sinar matahari benar-benar panas atau suhu yang tidak normal dari hari biasanya ya. Kalian letakkan Hp di sinar matahasi normal dan cukup beberapa jam atau jika di rasa sudah panas atau kering ya.

Baca Juga :

Kartu SIM Tidak Terbaca? Ini Penyebab & Solusi Termudah – Flin Setyadi

Bagusan Oppo atau Samsung? Yuk Cari Tahu di Sini – Flin Setyadi

Cara Cek Battery Health Samsung Paling Mudah – Flin Setyadi

4. Mengeringkan Menggunakan Kipas Angin atau Hair Dryer

Cara keempat yang bisa kalian lakukan ketika speaker HP kena air adalah dengan cara menggunakan kipas angin atau hair dryer ya. Untuk mengeringkan menggunakan kipas angin adalah, kalian cukup mengarahkan kipas angin ke arah lubang speaker Hp. Silahkan kalian tunggu sampai beberapa saat sampai dikira sudah kering.

Cara kedua yaitu menggunakan hair dryer, cara ini cukup baik untuk kalian yang menggunakan Hp dengan jenis Hp baterai tanam. Namun jangan terlalu dekat mengarahkan hair dryer ke bagian Hp. Karena suhu hor dryer itu cukup panas, dan kalian cukup menggunakan alat ini untuk mengeringkan sekitar dua menit sampai tiga menit ya.

5. Mengeringkan Speaker Dengan Memasukkan Ke Dalam Beras

Cara kelima untuk mengeringkan speaker HP yang kena air adalah dengan memasukkannya ke dalam beras ya. Mungkin cara ini sudah sering kalian dengar dan di lakukan oleh orang-orang duu ya. Bahkan sampai sekarang pun cara ini masi banyak di gunakan oleh masyarakat ketika Hp mereka terkena atau bahkan terendam air.

Cara ini di percaya karena memang beras di eprcaya dapat menyerap air ya. Seperti saat kita sednag memasak nasi yang awalnya padat dan di masak menggunakan air, maka lama-kelamaan air akan terserap oleh beras dan beras menjali lembut atau lunak ya. Jadi kalian bisa banget nih gunain cara ini untuk menyerap air yang masuk ke dalam Hp khususnya bagian speaker.

6. Gunakan Kain ataupun Silica Gell

Cara keenam yang dapat kami berikan kepada kalian untuk mengatasi masalah speaker hp kena air adlaah dengan menggunakan kain atau silica gel. Pastinya ya, ketika Hp kita masuk ke dalam air atau terkena aur maka kita akan refleks mengelapnya. Kita akan mencari benda kering terdekat yang bisa di gunakan untuk mengelap Hp kita.

Kain dipercaya efektif dalam menyerap air, silahkan kalian cari kain dengan tektur lembut dan mampu menyerap air ya. Jika kalian mempunyai silica gel, kalian bisa juga menggunakan benda ini untuk mengeringkan spekaer Hp atau Hp kalian yang etrkena air. Silica gel bisa berbentuk seperti butiran, jika kalian pernah membeli sepatu maka pasti akan ada semacam bungkusan kecil ya, dan itulah silica gel di dalam nya.

Benda ini memang sering di letakkan di barang-barang seperti sepatu, tas, atau benda lainnya ketika kita baru membelinya ya. Karena memang silica gel ini berfungsi untuk menyerap kelembaban yang sangat baik. Oleh karena itu, silica gel ini juga bisa digunakan untuk mengeringkan air dan bisa kalian coba untuk mengeringkan Hp kalian yang terkena air ya.

7. Bawa Ke Tempat Servis

Cara terakhir yang bisa kami berikan utnuk kalian adalah dengan cara membawa HP kalian khususnya bagian speaker yang kena air. Ini merupakan cara terakhir yang bisa kalian lakukan jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil kalian atasi ya. Bisa jadi hal tersebut bertanda Speaker Hp kalian mengalami kerusakan yang cukup parah. Silahkan kalian konsultasi dan bawa ke servis konter terdekat ya.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Dengan Benar

Akhir Kata

Nah para pembaca flin setyadi sekalian. Di atas tadi merupakan beberapa cara yang dapat kami sampaikan kepada kalian terkait bagaimana cara mengatasi masalah speaker Hp yang kena air. Kalian bisa mencoba beberapa cara di atas, dan jika belum berhasil maka kalian bisa membawanya ke konter Hp terdekat untuk berkonsultasi.

Jangan lupa mampir ke web kami untuk mendapatkan informais menarik dan pastinya bermanfaat lainnya ya. Mohon maaf jika terdapat keslaahan dan terima kasih sudah mampir ke lapak kami. See you.