Cara Mengatasi Laptop Ngelag Jadi Lancar Paling Ampuh

Laptop Ngelag – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Mengatasi Laptop Ngelag Jadi Lancar Paling Ampuh. Nah, para readers sekalian, seperti yang kita tahu bahwa laptop merupakan salah satu alat elektronik dengan banyak manfaat ya. Di zaman yang semakin modern ini, sudah banyak orang yang menggunakan laptop sebagai sarana komunikasi, mengerjakan dokumen, dan lain sebaginya.

Para pengguna laptop memang banyak menggunakan laptop sebagai media yang membantu mengerjakan sesuatu bahkan bisa sebagai sumber cuan ya. Dengan laptop para pelajar dan mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi dan mengerjakan tugas yang dimana memang membutuhkan sistem dan media yang hanya bisa melalui laptop ya. Dengan laptop, para pekerja kantoran juga terbantu dengan adanya alat ini.

Nah, dari kegunaan laptop yang bisa kita sebut multitasking inilah yang membuat terkadang laptop mengalami beberapa gangguan yang di sebebakan oleh beberapa hal tertentu ya. Bisa jadi karena terlalu lama digunakan, kapasitas yang berlebih, bahkan tidak menistirahatkan dan melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat merugikan laptop kalian. Maka akan menyebabkan laptop ngelag, lemot, hang, ngefreeze, bahkan error dan rusak.

Kali ini kami akan memebrikan beberapa tips dan cara untuk kalian semua bagaimana menghadapi laptop yang ngelag ya. Pasti di antara kalian pernah mengalami hal ini. Kunci utamanya pastinya tidak gopoh dan sabar menunggu ya. Berikut akan kami berikan ulasannya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Freeze Paling Mudah dan Ampuh

Cara Mengatasi Laptop Ngelag

Cara Mengatasi Laptop Ngelag

Nah, readers sekalian setelah ini kita akan bersama-sama membahas cara mengatasi laptop kalian yang ngelag ya. Namun sebelum itu, kita akan mencaritahu terlebih dahulu kenapa sih laptop bisa mengalami lag atau melambat. Agar hal ini dapat kalian antisipasi di hari berikutnya. Selamat menyimak.

Penyebab Laptop Ngelag

Nah, para pembaca sekalian. Bisa jadi saja salah satu penyebab laptop kalian ngelag di sebutkan di bawah ini dan di temukan pada laptop kalian ya. Yuk simak. :

  1. Kemungkinan pertama laptop kalian ngelag adalah kinerja laptop terlalu berat yang di sebabkan oleh banyaknya aplikasi berjalan dan akan aktif saat laptop di nyalakan. Nah, hal ini bisa menjadi pemicu yang logis ya. Karena semakin banyak situs atau ware yang kalian buka, maka laptop akan semakin banyak membagi-bagi kapasitas. Hal ini bisa menyebabkan laptop melambat bahkan ngelag.
  2. Kemungkinan yang keduan adalah kapasitas hard disk sudah terlalu penuh sehingga kinerja laptop menjadi lebih berat. Nah, karena kapasitas yang hampir bahkan sudah penuh, tidak cukup lagi menampung beban situs yang kalian inginkan. Perhatikan kapasitas laptop kalian dengan aktivitas multitasking yang kalian lakukan kepada laptop kalian.
  3. Kemungkinan ketiga adalah hard disk yang sudah lama atau usang akan memengaruhi performa laptop menjadi lebih lemot.
  4. Keempat ialah, terlalu banyak temporary files yang memakan ruang hard disk dan menjadikan laptop lebih lambat.
  5. Kemungkinan kelima, terdapat program berat yang tidak di dukung oleh processor laptop sehingga menjadi sangat lambat.
  6. Laptop yang sudah tua. Nah, hal ini bisa menjadi penyebab laptop ngelag ya. Karena umur laptop yang sudah tua dan kemajuan teknologi yang semakin maju tidak menyeimbangi kemmapuan laptop.
  7. Terkena serangan virus. Kemungkinan ini yang termasuk berbahaya. Karena tak hanya bisa menyebabkan laptop kalian ngelag, lemot. Tetapi juga bisa menyebabkan laptop kalian rusak dan data kalian terkena virus.
  8. RAM laptop yang terlalu kecil. Nah, yang terakhir ini juga yang terkadang jarang di perhatikan. Jika kapasitas tidak sebanding dengan aktivitas yang kalian lakukan, maka hal-hal seperti ini sangat mudah terjadi. Sebagai contoh, kalian memainkan sebuah game perperangan 3D dengan kapasitas laptop kecil seperti 2 GB. Bukankah tak hanya menjadi ngelag, namun bisa membuat laptop kalian rusak seketika.

Nah, di atas merupakan penyebab-penyebab yang mungkin terjadi ketika laptop kalian mengalami lag ya. Perhatikan hal-hal di atas untuk mencegah laptop sebelum hal yang tidak di inginkan terjadi. Setelah ini kami akan memeberikan cara bagaimana mengatasi hal ini. Selamat menyimak dan mencoba.

Cara Mengatasi Laptop Ngelag

1. Cek Penyimpanan Drive

Cara pertama yang kami sarankan adalah dengan memeriksa penyimpanan drive di laptop kalian. Rutin-rutinlah kalian memeriksa dan membuang sampah atau dokumen yang sduah tidak di pakai. Terutama di bagian Drive C untuk mendapatkan kinerja laptop yang cepat dan lancar.

Baca Juga :

Penting! Cara Mengatasi HP Panas Agar Tidak Cepat Rusak – Flin Setyadi

Cara Menghemat Baterai iPhone Supaya Awet Tahan Lama – Flin Setyadi

Solusi HP Tidak Bisa Connect Internet atau Jaringan Seluler – Flin Setyadi

2. Reset Laptop

Cara kedua yang ami sarankan kepada kalian adalah dengan mereset laptop. Jika dengan membersihkan sampah-sampah laptop belum berhsil, maka kalian bisa mencoba reset laptop kalian untuk mendapatkan keadaan seperti semula.

Dengan cara mereset ulang laptop, kalian bisa menghilangkan hal-hal yang membuat laptop bekerja sangat lamban. Salah satunya adalah aplikasi dan banyaknya cache atau sampah akibat penggunaan Aplikasi. Hal tersebut bisa membuat laptop bekerja sangat lemot dan menyebabkan lag ya.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Cara ketiga yang kami sarankan untuk mengatasi Laptop Ngelag adalah dengan meng-uninstal aplikasi yang sudah tidak dikenakan. Sebenarnya hampir sama dengan membuang case atau lainnya. Namun hal ini lebi spesifik dan membuang aplikasi yang terkadang memakan kapasitas yang cukup banyak ya. Jadi, jika aplikasi tersebut sudah tidak kalian gunakan saat itu, lebih baik di uninstall saja.

Coba kalian seleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai. Klaian bisa cek juga aplikasi yang tidak sengaja terinstall ketika sedang melakukan browsing, lalu ketika melakukan download konten dari website tertentu, atau pada saat melakukan install. Pakai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja, karena sangat sayang jika sampai memori laptop kalian penuh karena aplikasi yang sering menganggur.

Ini merupakan cara agar laptop tidak lemot yang cukup mudah, karena kalian tidak perlu menggunakan software atau teknik khusus. Malahan kalian justru mengurangi beban memori laptop dengan menghapus aplikasi dan software yang tidak di perlukan, yang menyebabkan Laptop menurun kinerjanya.

4. Gunakan Antivirus

Cara keempat dalam mengatasi masalah laptop ngelag adalah dnegan menggunakan antivirus. Alasan yang paling sering di temukan saat laptop menjadi ngelag adalah karena terserang virus atau malware. Untuk mencegah penurunan performa laptop, usahakan kalian memasang antivirus terbaik untuk menghindari serangan dari segala macam virus.

Jangan malas untuk mengecek dan memastikan kalian melakukan update pada antivirus. Hal ini di lakukan agar antivirus dapat terus membaca berbagai macam virus yang ingin menyerang laptop. Karena virus-virus pada laptop ini dapat memengaruhi kinerja kerja laptop seperti saat kita sakit ya.

5. Tambahkan RAM Laptop

Cara kelima dalam mengatasi masalah laptop ngelaag adalah dengan menambah kapasitas RAM. Jika kalian membeli laptop dengan kapasitas RAM yang rendah seperti 4 GB, kalian bisa menambahkannya menjadi RAM 8 GB atau RAM 16 GB.

Tentunya hal ini dapat membantu kinerja laptop kalian lebih cepat dan tidak mudah ngelag. Saat menambahkan RAM, perhatikan juga spesifikasi RAM (RAM DDR3, RAM DDR3L atau RAM DDR4). Jangan lupa untuk mencari tahu berapa kapasitas maksimal RAM yang bisa di aplikasikan pada laptop kalian ya.

6. Restart dan Pastikan Jaringan Lancar

Cara terakhir yang kami sarankan adalah dengan me restart laptop dan pastikan jaringan sinyal dan data kalian tersedia. Karena biasanya penyebab laptop ngelag adalah paket data atau sinyal jaringan di sekitar kalian hilang. Hal ini sering terjadi ya.

Bahkan kalian bisa mengalami laptop berhenti atau ngelag secara tiba-tiba karena data kalian habis ataupun kondisi ketika hujan. Jaringan tidak stabil yang menyebabkan laptop kalian ngelag. Kalian juga bisa melihat apakah laptp kalian menggunakan HDD yang memang cenderung lambat. Lebih baik kalian menggantinya ke penyimpanan SSD,

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

7. Disable Services

Laptop Ngelag juga dapat disebabkan menumpuknya services yang berjalan. Untuk mematikan services yang tidak dibutuhkan sistem silahkan ikuti petunjuk berikut ini.

Silahkan ketik pada menu pencarian di start, ‘System Configuration‘ atau ‘konfigurasi sistem‘. Setelah terbuka, pilih menu ‘Services‘, lalu silahkan centang ‘Hide all Microsoft Services‘.

Maka semua services yang diperlukan untuk menjalankan sistem microsoft akan tersembunyi. Setelah itu, silahkan klik tombol ‘Disable all‘ untuk mematikan services lainnya dan terakhir tekan tombol ‘OK‘.

8. Nyalakan Mode High Performance

Sebagian pengguna laptop atau pc tidak menyadari fitur ini. Dengan begitu, perangkat biasanya akan menggunakan mode Balanced secara default. Untuk mengganti Laptop ngelag ke mode high performance dapat dilakukan dengan cara:

  • Ketik pada kolom pencarian pada menu start ‘Windows Mobility Center’ lalu tekan tombol enter di keyboard.
  • Setelah terbuka, silahkan ubah battery status menjadi High Performance.

9. Advanced System Settings

Apabila cara di atas masih belum menyelesaikan masalah kalian, maka ini bisa jadi solusi paling ampuh mengatasi laptop ngelag. Namun perlu diketahui, metode ini mengorbankan visual untuk mendapatkan performa maksimal. Berikut ini cara melakukan nya:

  1. Buka pencarian di menu start, lalu ketik ‘advanced system settings
  2. Selanjutnya akan terpilih langsung menu advanced, silahkan klik tombol ‘Settings’ pada bagian ‘Performance
  3. Pada menu visual effects, silahkan pilih ‘Adjust for best performance‘, dengan begitu maka laptop ngelag akan menjadi lancar
  4. Untuk kembali ke pengaturan semula, silahkan ikuti langkah sebelumnya dan pilih ‘Let Windows choose what’s best for my computer

Akhir Kata

Nah, para pembaca flin setyadi sekalian. Berikut di atas kami berikan cara mengatasi laptop ngelag lengkap dengan penyebabnya. Jika cara di atas masih belum ampuh, maka kalian bisa mencoba cara lain atau berdiskusi dengan servis center yang paham mengenai laptop.

Jangan lupa mampir ke web kami untuk mendapatkan infomasi menarik dan bermanfaat lainnya. Mulai dari kategoti gadget, media sosial, otomotif, fintech, game, dan lain sebagainya. Terima kasih sudah mampir dan mohon maaf apabila kalian menemukan kesalahan.