Cara Mengatasi Laptop Freeze Paling Mudah dan Ampuh

Cara Mengatasi Laptop Freeze – Hai para pembaca flin setyadi sekalian. Kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Mengatasi Laptop Freeze Paling Mudah dan Benar. Nah, para readers sekalian, pembahasan kita kali ini akan membahas terkait lapop lagi nih. Untuk kalian yang sudah menggunakan laptop lebih lama, besar kemungkinan pernah mengalami hal ini ya.

Pembahasan kita kali ini mengenai bagaimana sih menangi laptop yang tiba-tiba ngefreeze atau berhenti secara mendadak. Pasti hal ini tidak mengenakkan dan membuang waktu kita ya. Apalagi untuk kalian yang menggunakan laptop sebagai media pembelajaran atau bekerja ya. Karena seperti yang kita tahu bahwa laptop banyak manfaatnya bagi mahasiswa, pelajar, ataupun orang yang bekerja lainnya.

Sering terjadi ketika kita sedang asik dan fokus dalam mengerjakan sesuatu, namun tanpa di ketahui laptop kalian berhenti atau nge-freeze secara tiba-tiba. Banyak kemungkinan penyebab yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Salah satunya yaitu terlalu lama di gunakan sehingga laptop akan panas dan terjadilah hal-hal seperti ini. Apalagi saat masa pandemi yang mengharuskan para pelajar, mahasiswa, serta pekerja lainnya belajar dan bekerja di rumah. Yang dimana laptop menjadi benta utama yang digunakan setelah HP ya.

Lalu bagaimana nih cara mengatasi hal semacam ini terutama ketika laptop kita mengalami freeze atau semacamnya. Setelah ini kami akan memebrerikan beberapa penjabaran dan penyebab dari hal ini. Yuk, segera di simak dan dipahami secara sekasama.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Cara Mengatasi Laptop Freeze

Cara Mengatasi Laptop Freeze

Nah, para pembaca flin setyadi sekalian. Setelah ini kita akan menjelaskan beberapa cara mengatasi laptop ngefreeze secara seksama. Namun sebelum itu, kami akan memebrikan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari laptop ngefreeze ini. Selamat membaca.

Penyebab Laptop Ngefreeze

Nah, laptop yang mengalami freeze atau hang pasti tidak mungkin terjadi secara tiba-tiba tanpa ada penyebabnya ya. Apalagi kita tidak mengetahu apa saja yang terjadi di dalam server internal maupun eksternal. Sebelum mengatasi masalah ini, yuk pahami beberapa hal yang memungkinkan laptop kalian terjadi freeze.

  • Kerusakan pada driver. Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada drive. Ketika driver sedang bermasalah, maka tidak heran jika beberapa komponen di da terkena dampaknya. Mengingat driver ini berfungsi sebagai penghubung antara program aplikasi dengan sistem.
  • Terdapat bugs pada program. Kemungkinan kedua adalah terdapat bugs pada program. Jika masalah hang ini terjadi saat kalian menggunakan aplikasi tertentu, maka ada kemungkinan jika program tersebut terdapat bugs. Lakukan update atau reinstall untuk memperbaikinya.
  • Terkena virus atau malware. Kemungkinan ketiga yaitu terkena virus atau malware. Virus atau malware sering kali menyebabkan laptop Windows menjadi hang atau bahkan lemot. Ini di karenakan virus mampu mengubah hingga menghapus file sistem dan aplikasi yang ada di dalamnya.
  • File sistem bermasalah. Kemungkinan keempat yaitu file sistem bermasalah. Selain itu masalah laptop Windows yang mengalami freeze atau hang ini juga bisa di sebabkan oleh kerusakan pada file sistem. Nah, untuk memperbaikinya, silakan kalian jalankan perintah SFC dan DISM.
  • Laptop overheating. Kemungkinan kelima yaitu laptoyang overthinking. Kendala ini sering terjadi ketika kalian telah menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga tidak menutut kemungkinan laptop akan mengalami peningkatan suhu secara signifikan. Ini bisa menimbulkan kendala error setelahnya.
  • Multitasking berlebihan. Kemungkinan keenam yaitu kalian menggunakan multitasking laptop secara berlebihan. Menjalankan banyak program aplikasi akan membuat kinerja RAM dan CPU terbebani. Terlebih jika kalian menggunakannya untuk program berat seperti aplikasi edit foto atau edit video. Cukup berat ya jika tidak diimbangi dengan kemmapuan kapasitas laptop.
  • Spesifikasi laptop yang rendah. Kemungkinan terakhir yaitu spesifikasi laptop yang rendah. Tidak sedikit pengguna laptop yang memaksakan perangkat mereka untuk melebihi batasnya. Contohnya laptop dengan RAM 2GB memang bisa menginstall Windows 10, akan tetapi tidak akan berjalan dengan optimal ketika di gunakan. Mengingat minimum RAM yang digunakan setidaknya 4GB ke atas.

Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze

Nah, jika kita sudah mengetahui penyebab dari laptop yang nge-freeze di atas. Maka kita bisa mencegah hal ini terjadi ya. Namun, jika sudah terlanjur atau sudah kejadian. Maka berikut akan kami berikan beberapa cara mengatasi laptop freeze atau hang. Selamat menyimak, mencoba, dan semoga berhasil.

Baca Juga :

Solusi HP Tidak Bisa Connect Internet atau Jaringan Seluler – Flin Setyadi

Cara Mengatasi iPhone Stuck Logo Paling Ampuh – Flin Setyadi

Cara Menghemat Baterai iPhone Supaya Awet Tahan Lama – Flin Setyadi

1. Restart Laptop

Cara pertama yang kami sarankan kepada kalian yaitu merestart laptop. Cara ini mungkin merupakan cara pertama yang akan kita pikirkan ketika mengalami hal semacam ini ya. Karena memang sistem restart ini seperti kita menstabilkan kembali laptop yang sudah terlalu lam di gunakan ya.

Karena memang ketika laptop ngefreeze atau ngehang, ada sesuatu yang terjadi pada sistem. Bisa jadi kalian terlalu banyak membuka situs tanpa henti. Laptop lama tidak di matikan. Yang berujung panas dan melambat, oleh karena itu fungsi restart adalah seperti menstabilkan kembali latop. Jika cara ini belum berhasil, maka coba cara berikutnya.

2. Kurangi Aktivitas Multitasking

Hal kedua yang bisa kita lakukan adalah dengan mengurangi aktivitas multitasking. Jika tadi sudah di jelaskan salah satu penyebab laptop freeze adalah terllau banyak melakukan aktivitas multitasking, maka solusinya adalah dengan mengurangi aktivitas tersebut. Semakin banyak program yang kalian jalankan, maka sumber daya perangkat dan sistem akan terbagi-bagi.

Untuk laptop dengan spesifikasi yang tinggi, pasti hal ini tidak terlalu berpengaruh. Namun akan sangat terlihat jika kalian melakukan banyak aktivitas multitasking namun spesifikasi laptop kalian rendah. Hal ini tidak sebanting antara kapasitas dan kegiatan yang kalian lakukan. Oleh karena itu, teliti dan lihat kembali apakah laptop kalian memenuhi spesifikasi yang telah di tentukan.

3. Cek Ruang Penyimpanan

Cara ketiga dalam mengatasi masalah laptop freeze adalah dengan mengecek ruang penyimpanan. Apakah penu atau tidak. Karena bisa menjadi salah satu penyebab hal ini terjadi. Oleh karena itu, periksalah beberapa ruang penyimpanan terutama pada Driver C darikapasitas total penyimpanan. Jika, ruang penyimpanan kalian penuh, silakan untuk unistall aplikasi atau menghapus file yang tidak di butuhkan (utamanya file sampah atau temporary).

4. Update Windows

Cara keempat dalam mengatasi masalah ini adalah dengan menjalankan update windows di laptop kalian. Hal ini di lakukan agar kalian mendapatkan fitur terbaru, peningkatan performa, perbaikan bugs dari versi sebelumnya, stabilitas dan keamanan. Berikut cara untuk melihat ketersediaan update Windows pada perangkat.

  1. Pertama, klik Start menu, kemudian Settings, Update & Security , dan Windows Update.
  2. Kedua, silahkan kalian klik Check for updates untuk melihat ketersediaan Windows versi terbaru.
  3. Jika kalian menemukannya, silahkan lakukan update sampai selesai.
  4. Selesai.

5. Jalankan Perintah Perbaikan dengan CMD

Cara kelima yang dapat kalian lakukan adalah dengan menjalankan perintah perbaikan dengan CMD. Tak hanya itu, kalian juga bisa menjalankan perintah DISM Toll dan System File Checker di Command Prompt. Mengingat dengan kedua perintah ini, segala kerusakan pada file sistem atau program aplikasi bisa teratasi dengan mudah. Akan tetapi sebelum kalian menjalankan perintah ini, silakan kalian perhatikan dua instruksi di bawah ini.

  • Bagi pengguna Windows 10 atau 8. Di sarankan untuk menjalankan DISM Tool terlebih dahulu. Khusus untuk sistem operasi ini, DISM Tool berfungsi untuk menyediakan berkas yang di perlukan untuk perbaikan.
  • Bagi pengguna Windows 7 atau Vista. Silakan abaikan perintah DISM Tool dan langsung jalankan perintah SFC Windows.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sound Laptop Tidak Bunyi (OS Windows)

Akhir Kata

Nah, para pembaca flin setyadi sekalian. Berikut di atas telah kami berikan bagaimana cara mengatasi laptop freeze lengkap dengan penyebabnya. Jika hal tersebut masih berlanjut atau tidak bisa kalian benarkan secara mandiri. Maka kami sarankan untuk menyerahkan kepada pihak sevis laptop yang lebih berpengalaman ya.

Jangan lupa mampir ke web kami untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Mulai dari kategori bisnis, gadget, fintech, game, media sosial, dan masih banyak lagi. Terima kasih sudah mampir dan maaf apabila kalian menemukan kesalahan.