Cara Menambahkan Link di Tiktok Lengkap Paling Mudah

Menambahkan link di TikTok – Akhir-akhir ini TikTok memang sering digunakan oleh banyak pengguna smartphone. Hal tersebut di karenakan TikTok dapat kita manfaatkan untuk berbagai hal salah satunya bisnis.

Para pelaku bisnis biasanya memasarkan produk mereka di TikTok. Tidak lupa juga mereka menautkan URL website atau link mereka di bio TiTok. Kenapa harus menautkan link di TikTok, apa sih pentingnya?

Tentu penting dong, hal ini memberikan pengalaman perubahan yang lebih signifikan dibanding tidak membuat link di bio TikTok.

Daripada penasaran, mending kita bahas terlebih dahulu pentingnya link di TikTok terutama untuk bisnis sebelum ke tutorial menambah link. Cek yuk!

Baca Juga: Cara Melihat Pesanan TikTok Shop dan Melacaknya

Memang ada sebagian dari mereka yang menganggap bahwa membuat link situs web di bio TikTok tidak membuat perbedaan besar. Tapi justru memberikan perubahan untuk perkembangan profil TikTok.

Terutama untuk pebisnis, TikTok akan membantu promosi website pribadi milikmu agar dikunjungi oleh banyak pengguna. Berikut alasannya:

1. Merek akan membuat TikTok mulai menerbitkan konten viral

Sebelum adanya perizinan ini, penerbit jauh lebih sulit mengerahkan lalu lintas ke website sendiri, karena TikTok hanya mengizinkan tautan IG dan Youtube.

Blogger sendiri sekarang punya alasan lebih baik untuk berinvestasi dalam konten TikTok. Karena video TikTok yang viral dan trending dapat mengarahkan lebih banyak orang untuk klik tautan langsung ke dalam situs web kamu.

Dengan begitu, hal tersebut dapat meningkatkan kualitas konten karena videografer dan kreator professional. Selain itu juga dapat mempertahankan aplikasi ini untuk terus hidup.

2. Atribusi TikTok menjadi lebih mudah

Hal ini membuat berbagai platform lebih bersahabat dengan influencer dan selebriti TikTok. Tanpa tautan website, sulit bagi pengguna TikTok terpopuler untuk membuktikan bahwa kontennya berdampak pada perilaku orang.

Hal ini akan menyulitkan kamu untuk meyakinkan merek dan orang lain dengan uang untuk mempromosikan konten TikTok. Maka URL akan memberikan tautan langsung antar profil dan situs web sehingga mudah menunjukan nilai bisnis.

3. Dapat menyeret ke situs milikmu

Dengan menyertakan link pada TikTok, maka akan membawa orang keluar dari aplikasi ke situs lain milikmu seperti Website, Email, IG, Youtube, Snapchat atau Twitter.

Sekarang sudah paham bukan pentingnya menambahkan link di TikTok. Dan mungkin mulai tertarik ingin melakukannya sendiri. Simak pembahasan berikutnya untuk mengetahui caranya.

Banyak yang bertanya “kenapa tidak bisa menambahkan link di bio tiktok?”. Nah, untuk bisa menambahkan link di bio TikTok, kamu harus beralih ke akun Pro. Cara melakukan ini tidaklah sulit, tanpa hitungan jam link website, IG, Youtube sudah berhasil di tautkan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka Aplikasi TikTok.
  2. Kemudian masuklah ke menu profil dengan cara tekan tombol “Saya” di sisi kanan bawah.
  3. Lalu buka pengaturan profil dengan cara tekan tombol “3 Titik” di pojok kanan atas.
  4. Di situ kamu akan menemukan berbagai pilihan, pilihlah menu “Kelola Akun“.
  5. Setelah itu tekan “Alihkan ke Akun Pro“.
  6. Nantinya akan muncul 2 pilihan jenis akun. Saya sarankan untuk memilih “Bisnis” agar bisa menambahkan link website.
  7. Selanjutnya pilih kategori yang paling tepat menggambarkan akunmu. Terdapat puluhan kategori dan kamu hanya bisa pilih salah satu.
  8. Jika sudah memilih, tekan tombol “Berikutnya“.
  9. Sampai di sini akun TikTok milikmu sudah berhasil di alihkan ke akun pro. Untuk menambahkan link, maka tekan tombol “Edit Profil“.
  10. Kemudian tambahkan link sesuai kebutuhan. Kamu bisa menambahkan link website, IG, Youtube dan Twitter.
  11. Setelah menambhakan link, silahkan tekan tombol “Simpan“.
  12. Secara otomatis di bio TikTok kamu nanti akan tertera link dari situs web, IG, Youtube atau mungkin Twitter yang ditautkan.

Cara mengoptimalkan tautan di TikTok

Umumnya TiKTok hanya bisa memberikan satu link saja untuk pengguna. Tapi kamu masih bisa mengoptimalkan penggunaan tautan di bio TikTok.

Dengan cara menggunakan bantuan dari berbagai website agar bisa menambahkan lebih dari satu link ke bio TikTok. Website yang banyak di pakai oleh orang Indonesia adalah Linktree.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka website linktr.ee di browser kamu.
  2. Kemudian lakukan registrasi akun untuk melanjutkan. Ikuti proses registrasi dan pilih paket yang tersedia, silahkan memilih paket Free untuk mendapat gratis.
  3. Setelah selesai, tambahkan beberapa link.
  4. Lalu klik ‘Add New Link’ dan tulis judul serta URL-nya.
  5. Kemudian ulangi proses ini hingga semua link yang kamu inginkan selesai di masukkan.
  6. Selain itu kamu bisa copy My Linktree dan sematkan ke bio TikTok dengan cara seperti petunjuk di atas. Jika ada calon pembeli yang klik link di Bio TikTokmu, maka akan mengarah ke Linktree dan mereka bisa memilih link sesuai dengan kebutuhannya.

Ada satu hal yang perlu kamu ingat, yaitu kamu harus mengubah TikTok personal menjadi TikTok bisnis agar muncul fitur website saat edit profil.

Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa lebih mudah mengarahkan pembeli menuju ke website atau link marketplace ke tokomu.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Dengan dan Tanpa Aplikasi

Akhir Kata

Demikianlah cara menambahkan link di TikTok tepatnya di Bio Tiktok. Semoga menggunakan tutorial di atas akan semakin mempermudah konten serta bisnismu berkembang pesat. Selamat mencoba. Semoga berhasil!

Terimakasih telah berkunjung di Flin Setyadi.