Cara Membuat Google Form di HP dan Laptop

Cara Membuat Google Form – Pada masa kini kita tidak perlu lagi repot-repot membuat sebuah formulir. Misalnya seperti kuesioner, pengisian data diri, dan pendaftaran. Karena google telah menyediakan fitur google form. Untuk mempermudah penggunanya apabila ingin mengumpulkan sebuah data melalui formulir.

Oleh sebab itu dengan adanya fitur tersebut kita dapat membuat formulir di google. Nantinya formulir tersebut dapat di isi oleh orang-orang yang memiliki akses dalam formulir tersebut. Jadi kita tidak perlu lagi mencetak formulir dan membagikan lembar tersebut kepada orang-orang yang di tunjuk untuk mengisi formulir tersebut.

Maka dari itu google formulir banyak di manfaatkan oleh orang-orang. Hasilnya juga dapat langsung masuk ke dalam dokumen. Jadi kita tidak perlu lagi repot-repot untuk menyalin data yang ada di formulir secara manual. Nah pada artikel kali ini flin setyadi akan membuat tutorial cara membuat google from melalui hp dan laptop.

Cara membuat Google Form dari hp

Apabila jika kamu mendadak ingin membuat formulir di google. Akan tetapi kamu tidak membawa laptop, kamu tidak perlu khawati. Karena kamu bisa membuat google formulir di hp ataupun smartphone kamu.

Berikut ini cara membuat google form dari hp.

  1. Silahkan tuliskan docs.google.com/forms/ di browser hp atau Tap disini.
  2. Lalu pilih model template formulir yang ingin kamu gunakan ataupun kamu bisa membuanya sendiri dengan cara Tap formulir “Kosong” atau icon “+”.
  3. Kemudian edit formulir sesuai dengan keinginan kamu dan jika kamu ingin menambahkan pertanyaan Tap icon “+”, yang terletak di pojok kiri layar.
  4. Setelah itu jika pertanyaan formulir sudah sesuai keinginan, Tap tombol “Send” atau icon panah ke “Kanan” yang terletak di sebelah icon “titik 3”.
  5. Lalu kamu dapat secara langsung mengirimkan link formulir ke email responden atau kamu dapat membagikan linknya melalui media sosial.
  6. Kemudian cara mendapatkan link google from Tap icon “Rantai” dan salin link tersebut.
  7. Setelah itu jika kamu ingin melihat hasil pengisian formulir tersebut. Bisa langsung ke bagian “Jawaban” atau “Responds”.

Cara membuat Google Form di laptop

Jika kalian ingin membuat formulir dengan menarik dan rapi. Sebaiknya membuatnya menggunakan laptop. Karenakan laptop mempunyai layar yang besar dari pada hp. Sehingga kita mudah untuk mendesain google formulir dengan semenarik mungkin.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop 9 jutaan

Berikut ini cara membuat google form di laptop.

  1. Silahkan kamu kunjungi doc.google.com atau klik disini.
  2. Kemudian silahkan klik icon “Garis 3” yang berada di pojok kanan layar.
  3. Lalu pilih menu “Form” atau “Formulir”.
  4. Setelah itu pilih “Template” atau pilih “Kosong” untuk mendesain google formulir sendiri.
  5. Kemudian edit formulir sesuai dengan keinginan kamu. Jika kamu ingin menambahkan kolom pertanyaan klik icon “+”.
  6. Lalu kamu juga dapat menambahkan Image, Judul dan deskripsi, Video, dan Tambah Bagian.
  7. Setelah itu jika google formulir sudah sesuai dengan keinginan kamu, klik tombol “Kirim”.
  8. Kemudian kamu bisa mengirim langsung link fomulir ke email responden atau membagikan link formulir google melalui media sosial.
  9. Lalu jika kamu ingin mendapatkan link formulir tersebut klik icon “Rantai” dan kemudian tekan salin.
  10. Setelah itu jika kamu ingin mengetahui hasil formulir tersebut. Bisa langsung klik bagian “Jawaban” atau “Responds”.

Cara membuat Google Form Excel

Jika kalian ingin memindahkan jawaban dari responden ke Excel, kamu dapat melakukkannya dengan mudah. Tanpa harus kamu menginputkan ke excel secara manual.

Baca Juga : Cara membuat twibbon

Berikut ini cara membuat jawaban google form di excel.

  1. Silahkan kebagian “Jawaban” atau “Responds”.
  2. Kemudian klik icon “Spreadsheet” yang berada di samping “Titik 3”.
  3. Lalu tuliskan judul file formulir tersebut ke dalam kolom.
  4. Setelah itu pilih “Buat Spreadsheet Baru”.
  5. Kemudian klik “Buat”.
  6. Lalu klik icon “Spreadsheet” untuk melihat jawaban.
  7. Setelah itu jika mau mendownloadnya dalam format excel, klik menu “File”.
  8. Kemudian pilih “Download”.
  9. Lalu pilih opsi “Microsoft Excel (.xlsl)”.

Jika spreadsheet telah di buat untuk google formulir, maka nantinya spreadsheet tersebut secara otomatis akan terisi. Sesuai dengan kolom google formulir dan di isi oleh responden.

Akhir Kata

Google Form merupakan hal yang sering digunakan oleh orang-orang untuk mengumpulkan data. Hal tersebut dapat memudahkan seseorang, tanpa harus membuat formulir, mencetaknya dan mengasihkan secara langsung kepada responden. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke flin setyadi.

Baca Juga: Cara Membuat Google Form Untuk Absen